Satgas untuk Cegah Kecurangan Pengembang

1401

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah menyambut baik pembentukan satuan tugas (satgas) yang khusus mengawasi pembangunan perumahan bagi masyarakat. Wakil Ketua Bidang Pembiayaan Real Estate Indonesia (REI) DPD Jawa Tengah Wibowo Tedjo Sukmono mengatakan, pihaknya sangat mendukung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam pembentukan satgas tersebut. Adanya satgas tersebut dinilai dapat mencegah kecurangan-kecurangan yang mungkin dilakukan oleh pengembang. Sehingga konsumen akan dapat lebih terlindungi. Mulai dari segi kualitas bangunan hingga legalitas surat-surat.

“Dari segi kualitas misal yang dijanjikan spesifikasi A tapi yang diterima B atau C, kemudian masalah legalitas surat-surat, kadang pengembang berani beli tanah namun belum lunas tapi sudah dijual lagi, kemudian di belakang hari ada masalah. Hal-hal ini perlu diantisipasi,” ujarnya.

Untuk Jawa Tengah, dari segi kualitas, pihaknya mengaku tidak banyak memantau. Hanya saja disinyalir ada beberapa pengembang yang memiliki satu atau dua hektare kemudian membangun, lantas ditinggal tanpa kelanjutan.

“Karena itu dengan pembentukan satgas tersebut diharapkan spesifikasi dan beberapa hal lainnya dapat diawasi, seperti besi sekarang juga mulai diawasi, tidak boleh di bawah 10 milimeter karena sangat mempengaruhi struktur bangunan,” ujarnya. (dna/ton)