Kado Ultah Ke-112 Atap Mapolres Dibatik

325
PENGECATAN – Atap gedung Mapolres Pekalongan Kota hampir selesai dicat motif batik, untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-112 Kota Pekalongan. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
PENGECATAN – Atap gedung Mapolres Pekalongan Kota hampir selesai dicat motif batik, untuk menyemarakkan peringatan HUT ke-112 Kota Pekalongan. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, PEKALONGAN – Mendukung eksistensi Kota Pekalongan sebagai kota kreatif dunia, serta kado hari jadi ke-112, atap Mapolres Pekalongan Kota dicat motif batik khas Pekalongan.

“Pembuatan lukisan batik di atap gedung mapolres selain sebagai kado spesial untuk HUT ke-112 Kota Pekalongan yang jatuh pada 1 April 2018. Juga untuk menambah tampilan agar lebih bersahabat dan humanis. Selain itu, mengangkat kearifan lokal,” ucap Kapolres Pekalongan Kota AKBP Ferry Sandi Sitepu.

Menurutnya, sebagai bagian dari masyarakat Kota Pekalongan, sudah sepatutnya ikut bangga sekaligus melestarikan identitas batik. Karena itu, pihaknya terdorong menunjukkan kepada masyarakat luar daerah, jika datang ke Kota Pekalongan bisa melihat keindahan motif batik di berbagai tempat.

”Tak hanya zebra cross yang kami lukis batik, tetapi juga genting mapolres” seru Ferry semangat.

Ide mengecat motif batik muncul, setelah dirinya melihat suasana polres belum terlalu banyak sentuhan aksesori batik. Sebetulnya, awal mula ide pemberian motif batik di lingkungan mapolres hanya sekadar membuat bendera besar bergambar batik, dan akan dipasang di tower polres. Namun ternyata, hasilnya terlihat kecil dan tak kelihatan. Lalu muncul ide berikutnya, salah satunya melukis atap mapolres dengan motif batik.

Pengecatan atap gedung sudah dimulai sekitar satu minggu ini. Diawali dengan pemberian cat dasar putih. Kemudian warna dan motif seperti sekarang, yang hampir selesai. Beberapa motif batik yang dilukis seperti motif jlamprang.

“Saya berharap, lukisan batik di atap mapolres mampu menggugah kembali budaya batik yang merupakan mata pencaharian terbesar bagi warga Kota Pekalongan,” ucapnya semangat. (han/lis)