Mayjen TNI Wuryanto (Jon waheed/jawa pos radar semarang)
Mayjen TNI Wuryanto (Jon waheed/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – TNI siap mengamankan seluruh tahapan dalam Pilkada serentak tahun ini. Termasuk mengamankan sebanyak 64.171 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Jawa Tengah.

Pernyataan tersebut disampaikan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto di acara Coffee Morning” Membangun Sinergitas yang Harmonis Pendam IV/Diponegoro dengan Insan Media” di Kantor Penerangan Kodam, Selasa (27/3).

Wuryanto menyatakan, TNI dan Polri siap mengamankan situasi yang sudah kondusif ini. Kondisi tersebut, tentunya tidak lepas dari peran serta semua elemen masyarakat. Selain itu,  juga para kandidat atau pasangan calon yang penuh kedewasaan saat melakukan kampanye.

“Untuk pengamanan TPS itu tidak semua TPS satu orang, tetapi semuanya dalam pantauan dan kendali prajurit TNI maupun Polri,” katanya.

Walaupun situasi tetap kondusif, dan baik, tambahnya, kondisi ini tetap membutuhkan kewaspadaan. Pihaknya juga memperhitungkan kemungkinan kerawanan dengan melihat gelaran sebelumnya dan peta politik yang ada.

“Semua wilayah saya anggap rawan sampai akhir tahapan pemilu 2018 ini,” tegas Pangdam didampingi Kapendam IV/Diponegoro Letkol Arh Zaenudin.

Ditegaskan Pangdam,  TNI dan Polri selalu bersama-sama menjaga situasi kondusif. Dan yang paling penting, untuk menciptakan situasi kondusif ini, adanya peran serta masyarakat yang semakin dewasa. “Alhamdulillah situasi Jawa Tengah saat ini aman,  terkendali dan guyub rukun meskipun ada gelaran Pilkada,” katanya. (hid/ric)