Oleh : Mustikahwati S.Pd
Oleh : Mustikahwati S.Pd

RADARSEMARANG.COM – PENDIDIKAN siswa di SMK, tidak bisa lagi hanya menyiapkan tenaga kerja siap pakai di dunia usaha dan industri. Para siswa yang telah ditingkatkan kompetensinya sesuai kebutuhan dunia kerja, perlu juga dibekali kemampuan berwirausaha agar bisa mandiri.

Bekal kemampuan berwirausaha, membuat lulusan SMK yang tidak terserap dunia kerja, bisa mandiri. Sehingga kewirausahaan menjadi salah satu mata pelajaran produktif di SMK untuk kelompok Bismen, Tekind, dan Pertanian. Sekolah tersebut mengembangkan kelas wirausahanya, sesuai bidangnya masing–masing.

Pengembangan kelas wirausaha, tidak lepas dengan perkembangan teknologi, Smartphone adalah salah satu contoh perkembangan teknologi yang sangat pesat. Smartphone android menjadi jenis HP yang paling banyak digandrungi oleh pelajar, karena fiturnya yang lengkap dan harga yang bersahabat.

Biasanya android digunakan untuk berbagai aktivitas seperti browsing dan update status di media sosial. Seperti Facebook, BBM, Twitter, Instagram, Path, dan lainnya. Dengan media sosial tersebut, siswa memanfaatkannya menjadi media untuk berlatih mengembangan pembelajaran berwirausaha, karena mudah cara mengoperasikannya.

Ada banyak ide bisnis online yang bisa dijalankan pelajar. Salah satunya, menjual produk tertentu. Hasil dari pekerjaan sampingan ini, tentu bermanfaat untuk menambah ilmu dan pengalaman. Sekaligus, mendapat tambahan uang saku pelajar.

Maka,  pilihlah ide bisnis online yang tidak menggangu aktivitas belajar dan sekolah. Itulah kelebihan dari bisnis online bagi pelajar. Dengan waktu yang fleksibel, pelajar bebas melakukan bisnis sesuai waktu luangnya. Melakukan bisnis online,  seorang siswa tidak memerlukan  modal besar untuk membangun ‘ruangannya’. Di sini, pelajar bisa memajang berbagai barang yang dijualnya dengan media internet  melalui medsos.

Pembelinya juga tidak terbatas. Siapapun yang menggunakan medsos, bisa memilih dan membeli produk.  Misalnya, menawarkan jasa potong rambut dan jahitan baju (bagi siswi SMK), pulsa, aksesoris kreasi tangan seperti bros dan gantungan kunci, kue bikinan sendiri, maupun menjadi reseller suatu produk. Itulah contoh ide bisnis online yang bisa dijalankan pelajar. Pelajar tinggal memilih mana yang sesuai dengan kemampuannya.

Bisnis online mempunyai banyak keuntungan dan manfaatnya,  baik waktu, tempat, dan lowongan pekerjaan hingga menjadi bos bagi pelaku bisnis online. Sebagai pelajar, mereka dapat belajar berwirausaha dengan waktu yang bebas, tidak terikat oleh jam sekolah. Tempatnya pun tidak harus di koperasi sekolah atau di workshop sekolah. Mereka bebas belajar berdagang atau berwirausaha di dunia maya yang sangat luas. Dengan demikian, pelajar mendapatkan ilmu berwirausaha tidak hanya di sekolah,  tetapi mereka bisa langsung mempraktikkan ilmunya di dunia maya melalui internet pada bisnis online. (*/isk)

Guru SMK 1 Windusari, Kabupaten Magelang