NONSTOP : Mahasiwa Fakultas Teknik Unnes memberi layanan servis gratis selama 24 jam nonstop dan berhasil tercatat dalam rekor Leprid. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)
NONSTOP : Mahasiwa Fakultas Teknik Unnes memberi layanan servis gratis selama 24 jam nonstop dan berhasil tercatat dalam rekor Leprid. (Adityo Dwi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (Unnes) berhasil mencetak rekor, dengan melakukan servis gratis selama 24 jam dan konsisten melakukan servis gratis selama 16 tahun berturut-turut.

Dekan Fakultas Teknik Unnes, Nur Qudua mengaku bangga dengan prestasi yang diraih mahasiswanya. Bahkan para mahasiswa FT mendapat dua penghargaan sekaligus dan dicatat oleh Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

“Kami berhasil menciptakan dua rekor, yang pertama adalah melakukan servis gratis jitu dan hemat (Jimat) selama 24 jam dan pelaksanaan servis selama 16 tahun berturut-turut,” katanya usai menerima penghargaan, Selasa (27/3).

Nur Qudus menjelaskan, setiap tahunnya mahasiswa Teknik Mesin rutin menggelar servis Jimat untuk menyambut Dies Natalis Unnes. Pihak kampus sendiri selalu memberikan dorongan atas inovasi, inisiasi dan kreativifas mahasiswa untuk melakukan pengabadian kepada masyarakat. “Jelas kami mendukung, dengan kegiatan ini mereka bisa praktik langsung dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Selama acara berlangsung, total ada sekitar 360 motor yang berhasil diservis. Dalam pemecahan rekor kemarin, melibatkan 63 mahasiswa dari FT Mesin Unnes. “Selama 24 jam para mahasiswa tak kenal lelah memberikan pelayanan, total ada 360 motor yang berhasil di servis gratis yang didukung penuh oleh Pertamina,”jelasnya.

Terpisaj, Ketua Umum Leprid, Paulus Pangka menjelaskan kriteria diberikannya penghargaan kepada FT Unnes diambil dari nilai-nilai dan etos kerja mahasiswa, yang konsisten dan kontinyu menggelar servis gratis selama 16 tahun berturut-turut.

“Bahkan mereka bekerja dengan baik, walaupun 24 jam dilakukan para mahasiswa ini menjunjung tinggi disiplin dan mengedepankan keamanan serta mengaplikasikan standartrisasi bengkel resmi, tidak bermain handphone ataupun merokok,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan penghargaan tersebut diharapkan bisa mengguah insan Indonesia untuk lebih berprestasi dalam bidang masing-masing. Rekor yang berhasil diraih FT Unnes yakni melakukan servis gratis Jimat selama 24 jam dan pelaksanaan servis selama 16 tahun berturut-turut tercatat oleh Leprid dengan nomor 343 dan 344. (den/zal)