Dishub Siapkan Uji Coba Jalan Searah

345

RADARSEMARANG.COM, SALATIGA – Meski banyak pro kontra tentang rencana pemberlakuan arus searah di jalan Kartini, Monginsidi dan Margosari, namun Dinas Perhubungan akan tetap melaksanakan uji coba akhir April mendatang. Pelaksanan uji coba akan dikaji setiap harinya, jika bermanfaat maka akan ditetapkan. Namun jika tidak baik, maka akan dibatalkan.

“Kami tetap akan lakukan uji coba. Selama ini sudah ada pro dan kontra namun masih sebatas bayangan karena belum direalisasikan,” jelas kepala Dishub Kota Salatiga Adhy Suprapto saat dikonfirmasi wartawan.

Menurutnya, jalan Kartini terutama di depan SMAN 3 dan pertigaan SMPN 1 dan SMPN 2 selalu menjadi titik kemacetan, khususnya pada saat jam berangkat atau pulang sekolah. Untuk mengurai kemacetan tersebut, Dishub Kota Salatiga sudah melakukan langkah antisipatif dengan memberlakukan kebijakan satu arah. Ujicoba kebijakan satu arah tersebut diujicobakan mulai Minggu keempat bulan April.

Dijelaskan dia, suara yang menolak adalah mareka yang berasal dari arah berlawanan di SMA dan SMP karena harus memutar jika ingin mengantarkan anak. Adhy mengatakan, pengantar bisa menurunkan setelah di pertigaan jalan Monginsidi dan anak bisa berjalan sedikit ke sekolahan.

Pengaturan nantinya,  arah arus lalu lintas di jalan Kartiniyaitu dari timur (pertigaan pegadaian) menuju perempatan Jetis. Kemudian jalan Monginsidi juga dibuat searah dari bawah atau dari
pertigaan Jalan Kartini menuju Jalan Diponegoro (Rutan). Sementara Jalan Kartini dari perempatan jetis masih dua arah sampai pertigaan monginsidi.

Dikatakan Adhy, sebelum jalan satu arah itu diujicobakan yaitu mulai Minggu keempat bulan April, Dishub akan terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, institusi pendidikan di kawasan tersebut serta penyedia jasa transportasi. “ Selain itu nanti juga akan kita beri papan petunjuk jalan satu arah di sejumlah titik,” pungkasnya. (sas/bas)