RADARSEMARANG.COM, KUDUS – Empat calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kudus sudah mengikuti serangkaian tes. Saat ini, permohonan rekomendasi Bupati kepada Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) melalui Gubernur sudah dikirim. Diperkirakan April mendatang Kemendagri dapat melantik Sekda baru.

Empat kandidiat yakni, Agus Budi Satriyo yang saat ini masih menjabat sebagai Asisten Pemerintahan Sekda  Kudus. Kedua, Mas’ut yang menjabat sebagai Asisten Administrasi Sekda Kudus. Ketiga Nurhayati yang menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Tegal, dan terakhir Sam’ani Intakoris sebagai Kepala Dinas Perkajaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus sudah melalui berbagai seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, assessment, uji gagasan tertulis, hingga persentasi dan wawancara.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kudus Joko Triyanto mengatakan, saat ini pihaknya baru mengirimkan surat permohonan rekomendasi bupati kepada KASN melalui Gubernur. Sebab seluruh rangkaian tes sudah selesai. ”Suratnya kemarin sudah kami kirim,” ungkapnya.

Untuk selanjutnya, kata Joko, pihaknya menunggu pelantikan dari Kemendagri. Rencananya, April mendatang akan ada pelantikan. ”Jadi pengumumannya langsung pelantikan itu,” jelasnya.

Jika pelantikan melibihi masa jabatan Penjabat Sekda, maka pihaknya akan memeperpanjang masa jabatan penjabat. Bisa juga ada penunjukkan penjabat definitif. ”Itu kalau melebihi masa jabatan penjabat sekda yang hanya tiga bulan. Kami berharap pelantikan bisa tepat waktu,” tuturnya. (mal/bas)