Kapal pesiar Ocean Dream membawa ratusan turis merapat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (24/3) kemarin. (M NUR WAHID/JAWA POS RADAR SEMARANG)
Kapal pesiar Ocean Dream membawa ratusan turis merapat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (24/3) kemarin. (M NUR WAHID/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Kapal pesiar Ocean Dream merapat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Sabtu (24/3) kemarin, pukul 06.10. Kapal berbendera Panama ini membawa 517 turis Jepang dan 327 kru kapal. Mereka singgah ke beberapa destinasi wisata di Kota Lumpia.

Kehadiran mereka langsung disambut dengan tarian Jawa dari Sanggar Greget. Para turis pun ikutan menari dan meminta foto selfie bersama penari. Acara dilanjut dengan pemberian cinderamata oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, berupa miniatur Candi Borobudur kepada pengemudi kapal, Captain Anders K Andersson. Selanjutnya, para turis melanjutkan city tour ke Candi Borobudur, Ambarawa dan keliling Kota Semarang. Disediakan 16 bus yang mengantar mereka.

Kasi Promosi Disporapar Jateng, Mieke, menyatakan bahwa Kemenpar RI sedang menarik wisatawan Jepang, China dan India untuk datang ke Indonesia. “Kami berharap, Jateng menjadi destinasi wisata tujuan, selain Bali,” tandasnya.

Sedangkan General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Emas, Ardhy Wahyu Basuki, menyatakan bahwa Ocean Dream merupakan kapal ke-7 di bulan Maret. Dijadwalkan, bulan ini ada 8 kapal pesiar yang bersandar di Tanjung Emas dan kapal terakhir akan bersandar besok Senin. “Dengan maraknya kunjungan wisman di Kota Semarang, tentunya meningkatkan perekonomian warga,” katanya.

Karena itulah, katanya, beberapa pelaku UKM turut dihadirkan di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas. “Para turis mengunjungi stand UKM untuk membeli beberapa souvenir khas Semarang. Hal ini berdampak positif bagi para pelaku UKM dalam meningkatkan pendapatan mereka,” tambahnya.

Sejumlah destinasi wisata yang mereka kunjungi, mulai Gereja Blenduk Kawasan Kota Lama hingga Candi Borobudur. Rencananya, kapal pesiar yang sebelumnya sandar di Benoa Bali tersebut akan melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Kelang, Malaysia. (hid/ida)