Ketua DPRD Ajak Masyarakat Gunakan Medsos

286
BERI PENGARAHAN : Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi, saat menjadi pembicara dalam Komunitas Sosmed Cah Semarang Hebat, di Gedung PIP Semarang. (Adenyar Wychaksono/Jawa Pos Radar Semarang)
BERI PENGARAHAN : Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi, saat menjadi pembicara dalam Komunitas Sosmed Cah Semarang Hebat, di Gedung PIP Semarang. (Adenyar Wychaksono/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat membuat arus informasi terkadang tidak terkontrol dan membahayakan. Termasuk fenomena media sosial (medsos). Banyak komunitas sosmed bermunculan.

Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mengatakan, medsos saat ini menjadi sesuatu yang sangat memengaruhi publik. Oleh karena itu, dia meminta masyarakat bijak dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi ini. Utamanya dalam menggunakan media sosial. Jika penggunaannya tepat, sosmed bisa menjadi sarana untuk mempromosikan potensi wilayah, termasuk program-program pemerintah. Begitu sebaliknya, bisa menjadi sarana untuk membully atau menjatuhkan seseorang maupun pemerintah.

“Peran sosmed jangan hanya untuk membully pemerintah saja, tapi juga bisa membantu peran Pemerintah Kota Semarang untuk memviralkan potensi -potensi wisata dan hasil pembangunan selama ini,” kata Supriyadi, saat menjadi salah satu narasumber dalam diskusi Komunitas Media Sosial Cah Semarang Hebat dengan tema Expose Your Potential Through, di  Studio Mini Pusat Informasi Publik Balai Kota Semarang, Kamis (22/3).

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, jika masih ada beberapa kekurangan jangan langsung dibully, tapi harus dikomunikasikan ke stakeholder yang ada.

H. Supriyadi, S.Sos. (ISTIMEWA)
H. Supriyadi, S.Sos. (ISTIMEWA)

“Karena tidak hanya pemerintah kota yang mempunyai tugas publikasi, tapi bagaimana masyarakat mau bergerak bersama agar masyarakat dengan kesadarannya merasa bangga Semarang untuk menuju Semarang Hebat,” tegas Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini .

Komunitas Medsos Cah Semarang Hebat menjadi tempat anak muda di Kota Semarang yang aktif di media sosial dengan pola menebarkan kabar baik. Komunitas ini bertujuan mengangkat setiap potensi yang dimiliki Kota Semarang dengan menebarkan virus positif. Media sosial saat ini menjadi sesuatu yang sangat memengaruhi publik.

“Komunitas Cah Semarang Hebat, agar bisa menjadi penyeimbang supaya menebarkan aura positif. Misalnya dengan menyebarkan dengan hastag #banggasemarang, ternyata respons masyarakat sangat luar biasa,” katanya.

Dikatakannya, generasi muda harus memiliki kecintaan terhadap kotanya. Agar apa yang bisa diberikan untuk Kota Semarang bisa muncul.

“Agar mereka menggunakan medsos sebagai hal positif, bukan hoax, ujaran kebencian dan lain-lain. Kami berharap komunitas ini menjadi pelopor untuk bergerak bersama. Komunitas Cah Semarang Hebat ini bukan hanya di dunia maya saja. Tetapi juga membangun jaringan di dunia nyata. Misalnya menyelenggara pelatihan untuk pengembangan potensi generasi muda,” ujarnya.

Tentunya untuk menumbuhkan rasa memiliki, rasa menghargai Kota Semarang. Aura positif seperti itu agar bisa ditumbuhkembangkan sehingga muncul inisiatif tentang apa yang bisa dipersembahkan untuk kota tercinta. Bagaimana menggunakan media sosial secara bermanfaat bagi generasi muda.

“Kami memelopori agar generasi muda bergerak bersama agar bangga terhadap Semarang. Walaupun hanya menginjak, bekerja, apalagi tinggal sebagai warga Kota Semarang. Sekarang ini kita balik dengan pertanyaan apa yang sudah kita berikan untuk Kota Semarang? Ini virus positif yang perlu kita sebarkan ke masyarakat, agar selalu bangga Semarang,” katanya.

Tidak hanya dunia maya saja, tetapi juga memberikan edukasi kepada masyarakat. Bahkan tidak hanya masyarakat pengguna media sosial. Karena selama ini ternyata banyak juga masyarakat yang tidak memiliki akun. “Bagaimana mengembangkan potensi bagi mereka? Maka komunitas ini membuat kelas-kelas pelatihan untuk dibantu mengelola akun secara positif. Tidak hanya membully saja,” katanya.

Kedepan, komunitas media sosial bisa terlibat langsung dalam berperan menyukseskan pembangunan di Kota Semarang. “Mereka warga Kota Semarang yang memiliki hak aspirasi dan saran untuk memajukan Kota Semarang. Inilah saluran yang selama ini tersumbat, mudah-mudahan bisa terlibat secara langsung untuk bergerak bersama, agar tagline Semarang Hebat ini bisa tercapai,” terangnya.

Koordinator Komunitas Media Sosial Cah Semarang Hebat, Youlanda,  mengatakan

hampir segala informasi, edukasi, semuanya bisa diperoleh di media sosial. “Padahal informasi yang diperoleh di media sosial ini seringkali tidak benar. Kami ingin komunitas media sosial ini bisa menjadi hal positif. Edukasi secara benar,” katanya.

Dikatakannya, pengguna media sosial banyak dari kalangan pelajar. Mereka menggunakan medsos secara otodidak. “Kalau informasinya salah, kecenderungan yang ia dapat juga salah. Akhirnya yang terjadi malah menjadi penyebar isu Sara, hoax dan seterusnya. Kami ingin komunitas ini menjadi tempat berbagi dan bermanfaat. Hal-hal positif, inspiratif, karya dan lain-lain. Maka kami membentuk komunitas Cah Semarang Hebat,” katanya.

Meski komunitas ini terbilang baru. Namun di dalamnya terdapat pemilik akun-akun besar di Kota Semarang, seperti halnya akun @seputarsemarang memiliki 123 ribu followers, @kakilimasemarang 60 ribu followers, @dotcomsemarang 40 ribu followers, @wisatasemarang 250 ribu followers, dan masih banyak lagi anggota kami yang memiliki banyak followers. “Kalau ditotal bisa mencapai satu juta. Tetapi kami tidak melihat dari jumlah followers. Kami lebih menekankan dari sisi manfaat. Apa yang bisa diberikan untuk Kota Semarang. Artinya tidak banyak-banyakan followers,” katanya.

Mereka siap berkontribusi untuk berbagai. “Siapa tahu bermanfaat bagi semua, baik bidang bisnis, pekerjaan, atau organisasi. Termasuk organisasi Karang Taruna dan lain-lain,”

Dia berharap semua pihak bisa terlibat dalam komunitas media sosial Cah Semarang Hebat ini. Tak memandang apa latar belakangnya. “Komunitas Cah Semarang Hebat ini hanya menjadi payung besarnya. Semua bisa menjadi anggota. Kami ingin membawa apa yang dimiliki Kota Semarang agar lebih dikenal hingga mancanegara dengan kekuatan digital,” ujaranya.

Lebih lanjut, tidak hanya bermedia sosial secara maya. Tetapi komunitas ini juga menggelar workshop, pelatihan, mengolah karya dan mempublikasikan. “Kami mengonsep kelas edukasi secara berkesinambungan. Cah Semarang Hebat menjadi gerakan generasi muda yang lebih berkontribusi kepada Kota Semarang. Apa yang bisa kita berikan untuk Kota Semarang, ayo semua bergerak bersama-sama,” katanya.

Ia menegaskan, bukan antikritik. Tetapi kmunitas ini bukan mencari-cari masalah. “Kami berharap bisa menjadi penyeimbang, kalau ada kemajuan mengapa tidak diblow up. Yang sering terjadi, yang negatif menjadi viral dan yang positif malah tidak diblow up. Nah, kami ingin agar bisa berimbang,” katanya.

Sejauh ini, komunitas ini juga membuat film tentang Kota Semarang, dengan mengusung hastag #banggasemarang. “Kampanye mengenai apa saja tentang Kota Semarang melalui video, film pendek, vlog, dan lain-lain. Kami bangga Semarang, dari sisi kreativitas,” imbuh Youlanda. (HMS)