Kapolri Ingin Police Award Ditiru Polda-Polda se-Indonesia

223

“Sistem kategori (Police Award Polda Jateng) ini dapat kami tiru di Mabes Polri. Dan sampaikan ke polda lain, coba tiru Polda Jawa Tengah. Sehingga bisa terakomodasi semua prestasi anggota polri,” kata Kapolri saat memberi sambutan di gelaran Police Award Polda Jateng di Grand Ballroom Gumaya Tower Hotel, Kamis malam (22/3).

Pada kesempatan tersebut, Kapolri memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polda Jateng yang sukses menggelar acara ini.

Para penerima penghargaan Police Award Polda Jateng.
(ARIEF BUDIMAN/RADAR SOLO)

“Baru kali ini selama saya menjadi Kapolri, ada acara Police Award. Ini sejalan dengan visi misi kami,” bebernya.

Kapolri mengatakan, di era demokrasi, semua elemen masyarakat harus mendapatkan kepercayaan publik. Era ini kepuasan ada di tangan rakyat. Untuk itulah Polri meluncurkan berbagai program mewujudkan visi misi membangun kepercayaan publik.

“Kami menciptakan iklim kompetisi untuk membuat role model anggota Polri yang bisa ditiru oleh anggota lainnya. Karena kunci utama keberhasilan Polri adalah sumber daya manusia yang baik,” tegasnya.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono dalam sambutannya mengatakan, pihaknya terus mengarahkan jajarannya untuk selalu meningkatkan public trust melalui tugas pokok sebagai anggota Polri. Semua fungsi kepolisian harus membawa kemaslahatan untuk rakyat. Ia berharap, gelaran ini bisa memotivasi para anggotanya berlomba-lomba mencetak prestasi.

“Arahan Kapolri untuk memberikan apresiasi kepada aparat yang berprestasi sudah kami lakukan. Sepanjang 2017, banyak anggota kami di 35 polres yang berprestasi dan mengangkat trust Polri di kalangan masyarakat.

Tiap tahun, masing-masing polres mengajukan calon dari berbagai bidang yang bisa memberdayakan masyarakat. Malam ini (kemarin) terpilih sudah 20 dedikasi anggota yang bermanfaat bagi masyarakat,” bebernya.

Direktur Utama Jawa Pos Koran, Leak Kustiyo mengungkapkan, Police Award Polda Jateng yang digagas Polda Jateng bekerja sama dengan Jawa Pos Radar ini didasari tantangan menghadapi kemajuan teknologi. Maraknya hoax dan fakta yang makin sulit dibedakan menuntut masyarakat harus melanjutkan ritme hidup dengan baik dan menciptakan lingkungan yang aman.

“Oleh karena itu, kami sepakat memberikan penghargaan kepada aparat kepolisian yang bekerja dan mendedikasikan diri di luar tugas utamanya. Latar belakang ide kegiatan ini pun mendapat respon luar biasa dari berbagai pihak. Melalui award ini masyarakat akan semakin memiliki tingkat kepercayaan terhadap aparat kepolisian,” ucapnya.

Sementara itu, Police Award Polda Jateng memberi penghargaan kepada 20 anggota Polri dari berbagai Polres di wilayah hukum Polda Jateng. Award diserahkan oleh Sekda Jateng Sri Muryono, Irjen Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ansar Husein, Deputi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan Direktur Kelembagaan BRI Sis Apik.

Selain 20 anggota polisi penerima award, Police Award juga menganugerahkan dua kategori khusus. Kategori Terviral diberikan kepada Brigadir Isma Hari Gusti Dharma dan Kategori Best of The Best diterima Polres Boyolali. Khusus dua kategori ini, pemenang berhak menerima award langsung dari Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Pada kesempatan itu juga di-launching aplikasi Sistem Informasi Pendampingan Dana Desa (Sipades).

Acara kian hangat setelah juara Indonesian Idol 1, Joy Tobing melantunkan suara emasnya. Serta perform Tari Beksan Nyawiji dari Pura Mangkunegaran Solo.

(rs/atn/aya/fer/JPR)