Pilih Hunian Vertikal untuk Investasi

444

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Hunian vertikal di Kota Semarang mulai menjamur. Namun demikian, sejauh ini hunian jenis tersebut dinilai masih banyak dibeli sebagai investasi.

Ketua Panitia Property Expo, Dibya K Hidayat mengatakan, awal tahun ini pembelian hunian vertikal masih belum terdapat gejolak yang cukup signifikan. Hal tersebut terlihat dari beberapa pameran yang digelar maupun tindak lanjut pasca pameran.

Menurutnya, masyarakat Jawa Tengah sejauh ini masih menilai hunian vertikal belum merupakan kebutuhan utama. Untuk hunian yang benar-benar akan ditinggali, sebagian besar masih mengupayakan untuk memiliki rumah tapak.

“Lalu lintas Semarang belum terlalu macet. Jadi masih banyak konsumen yang memilih membeli rumah tapak dengan lokasi agak ke pinggir kota, daripada membeli hunian vertikal di tengah kota,” ujarnya, kemarin.

Berbeda dengan di kota-kota besar yang sudah sangat minim lahan untuk rumah tapak dan disertai kemacetan. Sebagian besar pembeli hunian vertikal merupakan end user yang menggunakan sendiri unit-unit tersebut sebagai tempat tinggal.

“Kalau di Semarang saya melihat hunian vertikal seperti apartemen masih sebatas tren dan investasi. Mereka yang memiliki uang berlebih menginvestasikan dananya dengan membeli beberapa unit apartemen untuk disewakan bukan untuk ditinggali sendiri,” ujarnya. (dna/ric)