Malam Ini, 20 Polisi Berdedikasi Terima Police Award

320
Kapolda Irjen Pol Condro Kirono
Kapolda Irjen Pol Condro Kirono

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Malam ini akan menjadi momen spesial bagi 20 polisi anggota Polda Jateng. Atas dedikasinya di bidangnya masing-masing dan pengabdian terhadap masyarakat, mereka akan mendapatkan penghargaan yang dikemas dalam ajang Police Award Polda Jateng.

Acara yang akan digelar di Gumaya Tower Hotel Semarang ini akan dihadiri langsung Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan sejumlah jajaran menteri kabinet Presiden JokoWidodo. Di antaranya  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. Kemudian sejumlah tamu undangan, mulai dari Plt Gubernur Heru Sudjatmoko, Pangdam IV Diponegoro Wuryanto dan jajaran polres di Jawa Tengah.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triatmaja mengatakan, kepolisian terus berupaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi penegak hukum ini. Karena itu, jajaran pimpinan terus menekankan kepada jajaran anggotanya agar selalu dekat dengan masyarakat melalui berbagai inovasi kegiatan positif yang bermanfaat bagi warga.

“Bagi anggota yang memiliki dedikasi kepada masyarakat ini perlu mendapat reward. Salah satunya dengan memberikan penghargaan lewat Police Award Polda Jateng ini,” ujar Kombes Pol Agus  Triatmaja, kemarin.

Dari kegiatan ini,  lanjut Agus, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi anggota lainnya untuk terus melakukan perubahan sistem sebagai pengabdi dan pengayom masyarakat. “Polisi harus bersifat humanis dan inovatif dalam membina masyarakatnya,” ujarnya.

Mengenai kandidat yang akan mendapat penghargaan pada malam ini, Agus mengatakan, sudah melalui seleksi dewan juri dari Jawa Pos Radar sebagai mitra yang digandeng Polda Jateng menggelar acara ini. Kemudian untuk track record para penerima penghargaan juga sudah melalui validasi dari tim Propam, Irwasda dan Sumber Daya Manusia Polda Jateng.

“Untuk substansi kami serahkan kepada dewan juri. Kami tidak ada intervensi apapun. Dari polda hanya memverifikasi dan validasi track record penerima saja, agar benar-benar clean and clear,” ujarnya.

Pimpinan Redaksi (Pimred) Jawa Pos Radar Solo M. Shidiq mengatakan, selain 20 pemenang kategori tersebut,  masih ada dua nominasi tambahan yang akan mendapat penghargaan,  yaitu nominasi terviral dan best of the best.

“Sebelum terpilih 20 pemenang,  sedikitnya ada 62 nomine dari 35 polres dan polresta se Polda Jateng yang masuk ke dewan juri. Proses seleksi telah dilakukan sejak Desember 2017,” katanya.

M Shidiq juga menegaskan bahwa dalam proses penjurian tidak ada intervensi dari siapapun dan dari instansi manapun. “Ini murni dari hasil seleksi ketat dewan juri dan untuk verifikasi track record juga sudah diperiksa tim dari Polda Jateng,” ujarnya.

Pemenang dipilih berdasarkan kiprahnya di masyarakat sebagai anggota Polri. Bukan hanya teori semata, melainkan wujud dari aksi nyata,” ujar Shidiq yang juga ketua Dewan Juri Police Award Polda Jateng ini.

Lebih Lengkap, Presentatif, Aman dan Nyaman untuk Pelayanan 

Keesokan harinya, gedung baru Mapolda Jateng akan diresmikan. Bangunan tujuh lantai ini terdapat fasilitas lengkap alat keamanan.  Selain itu, dibuat lebih presentatif, aman dan nyaman untuk pelayanan kepada masyarakat.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono menjelaskan gedung tersebut akan diresmikan oleh oleh Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian, Jumat (23/3) pagi. Pada acara tersebut, pihaknya juga mengundang ulama, tokoh masyarakat, bupati, wali kota, dandim, dan para kapolres jajaran Polda Jateng.

Condro berharap, dengan adanya gedung baru ini dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih aman dan nyaman. Begitu juga, para anggota yang tersebar di luar lingkup bangunan Polda Jateng bisa kembali menyatu.

“Selama ini ada Ditnarkoba di tempat lain, Intel numpang di Polsek, Binmas dan sebagainya yang ada di luar itu bisa menyatu. Ini lebih memudahkan kita dalam melayani masyarakat di satu titik di situ. Alhamdulillah sudah sesuai harapan,” katanya.

Di lantai 1 terdapat ruang satuan kerja (Satker) Dittahti, Bidhumas, Lab Data Forensik Tekkom BId TI Pol, KA SPKT, Yanma dan tempat Lobby. Kemudian lantai 2 terdapat ruang Ditintelkam, Aula, Subdit Pamtah Dittahti, Press Room dan Kaur Lipprodok Bidhumas. Sedangkan lantai 3 terdapat ruang Ditbinmas dan Ditresnarkoba.

“Lantai 4 ada Biro Rena, Bidkum, Bid TI Pol. Lantai 5, digunakan Biro SDM dan Bidkeu, lantai 6 ada Itwasda dan Biro Ops, lantai 7, ada Kapolda, Wakapolda, Koorsprim dan Setum. Kemudian diatasnya Helliped. Jadi rata-rata dalam satu lantai ada empat satker,” jelasnya. (atn/bun/har/zal)