Makanan Berbahaya Masih Sering Beredar

370

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang mendorong masyarakat untuk memperhatikan keamanan pangan. Sebab, sejauh ini masih ditemukan sejumlah makanan yang mengandung bahan berbahaya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Semarang Sapto Adi Sugihartono mengatakan, bahan berbahaya yang masih ditemukan di antaranya rhodamin B dan boraks. Penggunaan bahan-bahan berbahaya ini, berdampak pada kesehatan konsumen.

“Dampaknya memang tidak secara langsung. Tapi dalam waktu yang lama penggunaan bahan berbahaya ini akan mengganggu kesehatan,” ujarnya di sela acara sosialisasi keamanan pangan kepada sejumlah pedagang di salah satu hotel.

Ia menjelaskan, makanan aman merupakan makanan yang terbebas dari zat-zat membahayakan tubuh manusia. Bebas dari campuran benda asing, bebas dari zat kimia berbahaya, dan terbebas dari cemaran biologis seperti jamur.

“Termasuk cara pengemasan. Kita sering melihat masih banyak kemasan makanan yang distaplesi. Kebiasaan-kebiasaan itu yang akan kita hilangkan. Kebiasaan kemasan makanan menggunakan styrofoam juga. Kita sadarkan para pedagang,” ujarnya. (sga)