AKRAB : Cawagub Jawa Tengah, Ida Fauziyah saat berbincang dengan pedagang di Pasar Wonogiri. (ISTIMEWA)
AKRAB : Cawagub Jawa Tengah, Ida Fauziyah saat berbincang dengan pedagang di Pasar Wonogiri. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, WONOGIRI – Pasar tradisional menjadi bukti bahwa perempuan-perempuan di Jawa Tengah merupakan sosok yang tangguh. Sebab, mayoritas pedagang yang berjualan adalah perempuan.

“Jadi saya makin yakin, bahwa perempuan-perempuan kita ini sangat tangguh,” ujar calon wakil gubernur Jawa Tengah Ida Fauziyah saat berkunjung ke Pasar Wonogiri.

Ia menambahkan, para pedagang, sudah berada di pasar sejak dini hari. Selanjutnya pulang ke rumah sore harinya. “Ini kan bukti, bahwa perempuan juga memiliki kontribusi menopang perekonomian keluarga,” terangnya.

Awal masuk pasar, Ida bertemu penjual alat jahit ukuran kecil yang menjajakan dagangannya di sebuah lapak kecil pintu masuk. Pedagang tersebut juga memberikan contoh cara menggunakan alat tersebut. Tertarik dengan alat tersebut, Ida membeli empat alat itu, dimana setiap alat berharga Rp 25 ribu.

Ida menilai, keberadaan maupun penataan pasar Wonogiri sudah bagus. Cluster-clusternya sudah baik, sehingga memudahkan para calon pembeli. Yang perlu dimobilisasi, adalah pengunjungnya. “Sehingga semua pedagang juga menerima imbas yang positif,” katanya.

Salah satu pedagang, Ani mendoakan langkah Ida menjadi wakil gubernur berjalan lanjar. Ia berharap nantinya pasar tradisional bisa lebih diperhatikan dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat dan lebih baik. “Mugi-mugi lancar dan jadi buk,” tandasnya. (fth/ric)