RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Kelurahan Magersari berhasil masuk dalam daftar tiga besar Pemilihan Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat Tingkat Jawa Tengah Tahun 2018 mewakili Kota Magelang. Pemkot Magelang optimistis kelurahan yang berada di lembah Gunung Tidar ini mampu mencatat prestasi terbaik.

“Karena, Kelurahan Magersari merupakan daerah yang memiliki banyak potensi unggulan daerah,” kata Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina saat menyambut kedatangan tim penilai dari Provinsi Jateng di aula kelurahan setempat, Selasa (20/3).

Beberapa potensi yang masuk pada indikator penilaian antara lain bidang kemasyarakatan tercermin pada tumbuhnya Kampung Kamtibmas Tidar Baru, kegiatan Sambang Dalu di seluruh RT dan RW. Lalu dalam bidang ekonomi terdapat banyak usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang membuat aneka makanan olahan khas Kota Sejuta Bunga. Di bidang lingkungan juga terdapat produksi souvenir dan kerajinan daur ulang mebel dari drum bekas, bank sampah dan kampung organik.

Ketua Tim Penilai Agus Suranta menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk memelihara jiwa gotong royong di masyarakat. Di Jawa Tengah sendiri, terpilih tiga kelurahan yang masuk nominasi. Selain Kelurahan Magersari dari Kota Magelang, ada juga Kelurahan Sampangan, Kota Semarang, serta Kelurahan Pesurungan Kidul, Kota Tegal. (put/ton)