SIRKUIT MIJEN : Proyek sirkuit Mijen tahap I yang sudah mencapai 98 persen. Di tahap II, pemkot menganggarkan dana Rp 20 miliar. (ISTIMEWA)
SIRKUIT MIJEN : Proyek sirkuit Mijen tahap I yang sudah mencapai 98 persen. Di tahap II, pemkot menganggarkan dana Rp 20 miliar. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG –Semarang akan menjadi tuan rumah balap motocross MXGP. Sejumlah persiapan dilakukan pemerintah kota, termasuk berkoordinasi dengan dinas-dinas terkait menuju event yang akan dihelat 7-8 Juli tahun ini.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi siap menyambut tamu luar negeri dan wisatawan lokal. Untuk sementara, pemerintah juga telah menyiapkan 4.000 kamar dari 50 hotel di Semarang. ”Kita persiapkan juga tempat-tempat yang layak untuk mereka kunjungi. Termasuk lalu lintas di Semarang, agar situasi nyaman menjadi cerita menarik mereka selama ada di Semarang,” jelasnya.

Executive Director KTM North America Inc, Selvaraj Narayana mengatakan, sedikitnya ada sekitar 12 tim motocross kelas dunia yang akan berlaga di sirkuit Mijen. Kejuaraan akan terbagi dalam dua kelas, MX1 dan MX2. Setiap tim, minimal akan membawa sekitar 100 orang dengan 4-5 pembalap. ”Kami juga akan membawa juara dunia kami Tony Cairoli untuk datang dan meramaikan kota Semarang,” ujarnya.

Mengenai persiapan sirkuit, Perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Judiarto mengatakan, saat ini tengah dilakukan pemotongan pohon dan pembersihan lahan yang ditargetkan akan selesai akhir bulan ini.  Selanjutnya, pada 28 Maret, desainer dari Eropa akan datang untuk mensurvei sirkuit berskala Internasional ini. ”Kami akan berupaya maksimal agar sirkuit ini bisa menjadi kebanggaan untuk kita bersama, orang Semarang dan seluruh Indonesia,” jelasnya. (sga/ton)