BERMANFAAT : Warga Kecamatan Mijen mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang digelar DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Kota Semarang. (Jon waheed/jawa pos radar semarang)
BERMANFAAT : Warga Kecamatan Mijen mendapatkan pelayanan kesehatan gratis yang digelar DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Kota Semarang. (Jon waheed/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Warga Kecamatan Mijen, Kota Semarang memperoleh pengobatan dan cek kesehatan gratis di aula Kecamatan, kemarin. Tak kurang dari 150 warga merasakan manfaat dari kegiatan yang digagas DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Kota Semarang itu.

Peserta didominasi warga lanjut usia serta para pengidap penyakit kolesterol dan diabetes. Kegiatan bertajuk “Pengobatan Gratis untuk Masyarakat Mijen” tersebut meliputi cek gula darah, kolesterol, asam urat, hingga pemberian obat secara gratis.

Ketua DPC BMI Kota Semarang, Nugroho Hendro Arissanto mengatakan, kegiatan kali ini merupakan bagian dari program rutin BMI bakti sosial ke masyarakat. Melalui pengobatan dan cek kesehatan gratis, pihaknya sekaligus ingin mengkampanyekan pola hidup sehat di masyarakat hingga lapis paling bawah.

“Kali ini kami menggandeng Dinas Kesehatan Kota Semarang memberi pelayanan kesehatan gratis di Kecamatan Mijen. Ini salah satu cara mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan,” kata Aris disela-sela kegiatan.

Senada dengan Aris, Ketua DPD BMI Jawa Tengah, Alwin Basri mengungkapkan program layanan kesehatan gratis tersebut bertujuan untuk memberi tambahan akses kesehatan hingga lapisan masyarakat paling bawah. Ia berharap nantinya kegiatan serupa bisa digelar hingga seluruh pelosok di Jawa Tengah. “Nanti rencananya akan melakukan roadshow di seluruh Kecamatan di Semarang. Harapannya nanti di seluruh Jawa tengah,” ujarnya.

Salah seorang pasien, Sulastri, 62, mengaku senang bisa mengikuti layanan kesehatan gratis tersebut. Lastri yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi merasa sangat terbantu. Terlebih ia bisa secara langsung berkonsultasi dengan dokter dan mengecek kadar kolesterolnya. (hid/ric)