RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Polres Magelang Kota menggelar Deklarasi Anti Hoax dalam acara car free day (CFD) di Lapangan Rindam IV/Diponegoro, Minggu (18/3). Pada tahun politik ini, perlu ada antisipasi dan mencegah beredarnya kabar-kabar bohong yang bisa mengganggu stabilitas nasional.

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Dharmawan mengatakan, Kota Magelang masih rawan akan penyebaran berita bohong. Terlebih tahun ini merupakan tahun politik di mana banyak oknum perseorangan ataupun kelompok yang membawa kepentingan politik tertentu menggunakan hoax untuk menyebar kegaduhan di tengah masyarakat.

“Mereka sengaja menyebar hoax ini untuk membuat kegaduhan, menjelek-jelekkan salah satu pihak, atau membuat isu yang tidak benar. Oleh karena itu kita jangan mudah percaya dan terprovokasi,” ujarnya dalam deklarasi yang ditandai dengan pembubuhan tandatangan dari sekitar 500 warga.

Terpisah, Polres Temanggung memanfaatkan acara CFD di Alun-alun Temanggung, Minggu (18/3) untuk menyosialisasikan penerimaan anggota Polri. Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo mengatakan, pada Maret ini akan ada penerimaan anggota Polri melalui Bintara Polri, Tamtama Polri, Jalur Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) dan Akademi Kepolisian (Akpol). “Kami mengajak kepada remaja di Kabupaten Temanggung untuk bisa mendaftarkan diri. Oleh karena itu, mulai sekarang harus mempersiapkan diri, baik secara fisik, psikologis, kesehatan dan akademik,” ucap Wiyono.

Wiyono juga memastikan, seleksi penerimaan anggota Polri jauh dari kolusi, korupsi dan nepotisme. Meskipun punya saudara di kepolisian, kalau tidak siap maka tidak akan lulus. (had/san/ton)