Tanya dr Andi:

RADARSEMARANG.COM – Saya sebetulnya malu dok. Ukuran Mr P saya termasuk kecil. Mungkin sekitar 5-6 sentimeter saja. Bagaimana memperbesar ukurannya agar bisa memuaskan istri? Usia saya 34 tahun.

(H di Kds)

Jawab dr Andi:

Ukuran rata-rata penis orang Asia saat ereksi adalah 7-12 sentimeter. Itu adalah proporsional atau sebanding dengan ukuran badan. Yang menjadi problem adalah bila secara penampilan, ukuran penisnya tampak kekecilan dibanding dengan ukuran badannya. Itu akan membuat kesan penis yang kecil.

Kesan itu bisa membuat sugesti baik pada istri maupun pada suami. Apalagi bila ditambah dengan istri yang kurang mengalami kepuasan saat berhubungan intim. Lalu ukuran kecil ini yang dipermasalahkan. Jadi suami akan bertambah kurang percaya diri dengan ukurannya yang kecil.

Untuk memperbesar dan memperpanjang pada saat dewasa, tingkat kesulitannya tinggi, perlu dilihat keadaan hormonal, status gizi pasien, adakah penyakit yang mendasari, serta masalah yang ditimbulkan akibat ukuran penis ini.

Sebelum mempertimbangkan pembesaran penis, bisa diupayakan sebagai berikut:

  1. Seberapa penting pembesaran ukuran tersebut. Bisakah kepuasan pasangan dicapai dengan memperbaiki teknik bercinta.
  2. Tingkat stres dari si suami akibat merasa penisnya kecil. Bila suami enjoy saja dengan ukuran yang ada, maka tidak perlu ada tindakan lebih lanjut.
  3. Bila istri tidak menuntut macam-macam, maka coba saja menikmati hubungan tanpa harus memikirkan ukurannya.

Bagi istri, perlu disadari ukuran penis suami hanya salah satu faktor penentu kepuasan, masih ada factor-faktor lainnya, misalnya:

  1. Perlu foreplay yang cukup, tidak terlalu buru-buru dalam menikmati hubungan.
  2. Mencari posisi dan variasi yang memuaskan bagi kedua pihak.
  3. Saling memperhatikan kebutuhan pasangan dan hal yang disukai.

Seksualitas bagi pasangan suami istri bukanlah segala-galanya, tapi diusahakan semakin baik seiring dengan bertambahnya usia pernikahan. Jangan terjebak pada rutinitas, tapi selalu cari kreativitas baru dalam setiap kalinya.  (www.dokterAndi.com)

Kepustakaan:

Chen J, Gefen A, Greenstein A, et al. Predicting penile size during erection. Intl J Impotence Res, 2000, vol 12, 328–33.