Tambah Jadwal KA Tujuan Semarang-Tegal

984
RESMI DITAMBAH : EVP PT KAI Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengunjungi calon penumpang KA Kaligung usai meresmikan penambahan jadwal keberangkatan di Stasiun Poncol, kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
RESMI DITAMBAH : EVP PT KAI Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengunjungi calon penumpang KA Kaligung usai meresmikan penambahan jadwal keberangkatan di Stasiun Poncol, kemarin. (ADENNYAR WYCAKSONO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Tingginya okupansi pengguna kereta api (KA) Kaligung relasi Semarang-Brebes dan Tegal membuat PT KAI Daop 4 Semarang, melakukan penambahan perjalanan KA dari 8 kali menjadi 10 kali keberangkatan dalam sehari. Penambahan tersebut resmi dilaunching oleh Executive Vice President (EVP) Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti, Jumat (16/3) di Stasiun Poncol Semarang.

EVP PT KAI Daop 4 Semarang, Wiwik Widayanti mengatakan, penambahan jadwal keberangkatan dilakukan melihat besarnya okupansi penumpang setiap tahunnya. Pada tahun 2015 lalu, total ada sekitar 1.052.835 penumpang, kemudian pada 2016 meningkat menjadi 1.158.838 penumpang, dan pada 2017 naik lagi menjadi 1.422.916 penumpang. “Ini adalah sebagai respon kami terhadap tingginya okupansi KA Kaligung yang mencapai 85 persen setiap harinya,” katanya kemarin.

Ia menjelaskan, tambahan jadwal keberangkatan tersebut untuk mengakomodir masyarakat yang menggunakan KA di wilayah Pantura Jateng dan tingginya permintaan penambahan jumlah perjalanan kereta api relasi Semarang-Tegal. Tahun lalu  jumlah penumpang secara keseluruhan di wilayah Daop 4 Semarang mencapai jumlah 5.808.033 penumpang atau naik 15 persen dari tahun 2016 yang berjumlah 5.064.000 penumpang. “Diharapkan dengan penambahan KA Kaligung ini, peningkatan pertumbuhan penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang akan terus meningkat,” ucapnya.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto menambahkan, selain penambahan jumlah perjalanan, PT KAI Daop 4 Semarang juga memberikan diskon sebesar 20 persen bagi para penumpang KA Kaligung dengan nomor perjalanan KA 11209 yang berangkat dari Poncol pukul 19:40, dan KA 11270 yang berangkat dari Stasiun Tegal Pukul 20:35.

“Dengan penambahan ini, kami harap transportasi masyarakat lebih mudah. Sehingga dengan kemudahan mobilitas ini, dapat memberikan dampak bagi kemajuan perekonomian di wilayah Jateng,” imbuhnya.

Rangkaian KA Kaligung terdiri dari 7 gerbong Kereta ekonomi new image dengan daya kapasitas tampung mencapai 560 tempat duduk. Untuk stasiun tempat turun naik penumpang diantaranya Stasiun Semarang Poncol, Weleri, Pekalongan, Pemalang, Tegal dan Stasiun Brebes.  (den/zal)