Undip Tambah 3 Guru Besar

687

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) akan mengukuhkan tiga guru besar yang berasal dari 3 keilmuan berbeda. Yakni Teknik, Perikanan dan Kelautan, serta Sosial. Pengukuhan akan dilakukan di Gedung Prof Sudharto, kampus Undip Tembalang, Rabu (14/3).

Ketiga guru besar tersebut antara lain, Prof Tri Winarni Agustini dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Prof Syafrudin (Fakultas Teknik) dan Prof Naili Farida (FISIP). Ini merupakan wujud komitmen Undip dalam mendorong peningkatan jumlah guru besar.

“Ini sejalan dengan visi kita sebagai universitas unggul, yang mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten serta bersaing secara global. Termasuk dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia pendidikan, salah satunya kehadiran universitas asing di Indonesia,” jelas Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama, di Rektorat Kampus Undip Tembalang, Selasa (13/3).

Yos menjelaskan, dalam kurun waktu 3 tahun, Undip telah menambah sedikitnya 20 guru besar baru. Jumlah tersebut termasuk 3 guru besar yang akan dikukuhkan. Meski demikian, Yos menargetkan ada 50 guru besar dikukuhkan hingga akhir tahun 2018. “Mudah-mudahan bisa tercapai, sebab seluruh persyaratan yang ada sudah terpenuhi,” imbuhnya.

Persyaratan yang dimaksudkan adalah minimal memiliki 3 jurnal internasional yang telah terindeks dalam scopus. Tidak hanya di bidang eksakta atau teknik, namun juga bidang humaniora. Peningkatan ini juga ditunjang dengan peningkatan dana penelitian.

“Tahun ini ada sekitar Rp 73 miliar. Harapannya, mereka segera melakukan penelitian dan publikasi jurnal internasional, sehingga jumlah guru besar Undip juga bertambah,” terangnya.

Yos menambahkan, jika dihitung rasio antara jumlah guru besar dan dosen yang ada saat ini masih kurang. Menurutnya, jumlah profesor di perguruan tinggi paling tidak 10 persen dari total seluruh dosen yang ada. “Dosen kita ada 1.700 orang, idealnya guru besarnya ada 170 orang. Jadi masih kita kejar terus,” tandasnya. (tsa/ric)