Pindah ke Pandanaran II

Relokasi PKL Taman KB

205
(ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
(ADITYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pedagang kaki lima (PKL) Taman KB akan segera dipindah ke Jalan Pandanaran II Semarang. Dinas Perdagangan Kota Semarang akan membuat shelter di jalan tersebut secara permanen.

“Shelter nantinya akan dibangun oleh Djarum Foundation, kami minta izin ke wali kota untuk kekhususan, karena bagaimana pun juga pedagang sudah legowo untuk pindah,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto, Selasa (13/3).

Relokasi bersifat penataan bukan penggusuran. Untuk itu, Fajar akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Satlantas dan Dishub untuk melakukan rekayasa lalu lintas guna menghindari kesemrawutan. “Untuk mencegah kepadatan, kami akan berkoordinasi dengan Dishub dan Satlantas,” tambahnya.

Sambil menunggu shelter dibangun, saat ini para pedagang diperbolehkan berjualan di beberapa titik, seperti trotoar depan SMA Negeri 1 Semarang. Ia sudah berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Semarang untuk tidak  menertibkan lapak sementara milik pedagang. “Pasalnya soal mencari nafkah, sementara berjualan di depan SMA N 1 Semarang tidak masalah,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi berpendapat, rencana relokasi harus dipikirkan ulang apalagi shelter dibangun secara permanen di bahu jalan. “Bukan solusi itu, malah berampak buruk bagi pengguna jalan dan pejalan kaki, serta menambah kesemrawutan,” tegasnya.

Menurut dia, Dinas Perdagangan harus mencarikan solusi yang pas. Sehingga keberadaan PKL Taman KB tidak merugikan warga lain. Salah satunya mencari tempat lain yang didapat digunakan pedagang secara permanen dan tidak kembali digusur. “Bisa jadi memanfaatkan lahan kosong milik Pemkot atau membeli tempat strategis untuk dibangun shelter yang dapat ditempati oleh pedagang PKL Taman KB,” ucapnya. (den/ton)

Silakan beri komentar.