Pilkada, Terjunkan 325 Ribu Linmas

340
APEL –Anggota linmas mengikuti apel siaga di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan dalampengamanan pilkada serentak 2018. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
APEL –Anggota linmas mengikuti apel siaga di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan dalampengamanan pilkada serentak 2018. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, PEKALONGAN – Sebanyak 750 anggota perlindungan masyarakat (linmas) atau dulu lebih dikenal dengan  pertahanan sipil (hansip) se-eks Karesidenan Pekalongan mengikuti apel siaga dalam rangka pilkada dan pilgub 2018 di Stadion Hoegeng, Rabu (15/3).

Pelaksana Harian Satpol PP Provinsi Jawa Tengah Ninik Widiastuti menjelaskan, apel siaga satlinmas kali ini diikuti 7 kabupaten/kota se-eks Karesidenan Pekalongan. Masing-masing kabupaten/kota mengirimkan 100 personel linmas, namun khusus Kabupaten Pekalongan mengirimkan 150 personel.

“Dalam pengamanan pilgub dan pilkada serentak 2018 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, kami menerjunkan 325.000 personel linmas. Di setiap TPS akan dijaga 2 personel linmas dan di luar TPS, Satpol PP akan mengawasi,” jelas Ninik. Kegiatan dihadiri Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jawa Tengah Heru Setiadi, unsur Forkompinda Kota Pekalongan. Bertindak sebagai inspektur apel adalah Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz.

Sementara itu Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz mengatakan, apel siaga satlinmas tersebut sebagai bentuk respons terhadap perkembangan lingkungan strategis baik pada tataran regional, nasional maupun global.

“Saat ini memasuki tahun politik yang gegap gempitanya sudah cukup terasa dan dinamikanya juga menimbulkan perasaan campur aduk. Bagi para kader, simpatisan maupun warga masyarakat yang baik secara langsung maupun tidak langsung mempunyai ikatan emosional,” terangnya

Saelany juga mengimbau kepada segenap komponen masyarakat, utamanya satuan linmas se-eks Karesidenan Pekalongan untuk tetap menjaga dan memelihara kondusivitas wilayah masing-masing. Dengan tidak terprovokasi oleh berbagai isu maupun pemberitaan di beragai media massa, termasuk di dalamnya adalah media sosial, yang disebarluaskan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. (han/lis)