Pemkab Batang Usulkan Rekrutmen 600 CPNS

331
MENGAJAR – Bupati Wihaji saat meninjau salah satu sekolah di Kecamatan Blado, yang juga kekurangan guru. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
MENGAJAR – Bupati Wihaji saat meninjau salah satu sekolah di Kecamatan Blado, yang juga kekurangan guru. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang akan mengusulkan 600 calon pegawai negeri sipil (CPNS) kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB).

Pasalnya setiap tahun ada 200 sampai 300 pegawai negeri sipil yang pensiun. Akibatnya akan berpengaruh terhadap kinerja pemerintahan, terutama di bidang pendidikan yang mengalami kekurangan guru.

“Kita masih butuh banyak ASN, karena setiap tahun ada 200 sampai dengan 300 ASN yang pensiun. Sedangkan Pemkab belum ada penerimaan pegawai baru, untuk itu saya berinisiatif mengusulkan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi,”  kata Bupati Batang Wihaji Rabu (14/3).

Lebih lanjut dijelaskan bupati, pihaknya belum mengetahui secara persis kuota yang akan diberikan Pemkab Batang. Namun usulan nanti akan lebih banyak untuk tenaga pendidikan atau guru, kesehatan dan di lingkungan Pemkab. Karena selama ini di masing-masing OPD rata-rata kekurangan SDM.

Akibatnya, banyak organisasi perangkat daerah kekurangan SDM, sehingga pegawainya harus merangkap-rangkap pekerjaan.  Ditambah banyak pegawai yang  masuk masa pensiun padahal pekerjaannya banyak.

Khusus SD, guru PNS-nya tinggal dua sampai tiga, bahkan ada pula seperti di SMPN 4 Pranten yang PNS-nya hanya kepala sekolahnya.

“Di OPD kami, pada jabatan kasi harus merangkap-rangkap jabatan, staf juga, dan sebenarnya ini juga kebutuhan yang mendesak terutama bidang pendidikan dan kesehatan,” ujarnya. Namun usulan tersebut juga memperhitungkan kemampuan pemerintah daerah. (han/lis)

Silakan beri komentar.