Mulai Bisnis Online dari Eksperimen Kecil

272

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Tren dunia usaha kian marak seiring dengan berkembangnya sistem pemasaran online. Tak sedikit yang kini fokus menekuni bisnis, dimulai dari eksperimen skala kecil.

CEO situs qlapa.com, Benny Fajarai mengungkapkan, produk yang akan diperdagangkan melalui pasar online sebaiknya adalah produk-produk yang merupakan kebutuhan, kemudian tentukan konsumen yang akan digaet.

“Kemudian media pemasaran yang efektif juga sangat penting. Cari tahu dengan melakukan eksperimen yang dilakukan mulai dari skala kecil, diukur, dibesarkan, diukur lagi. Kalau di tahap awal sudah tidak berjalan ya nggak usah dilanjutin, cari metode baru lagi,” ujarnya disela diskusi ekonomi ‘Menggantang Untung di Bisnis Online’, baru-baru ini.

Memulai bisnis online pun, lanjutnya, tidak perlu langsung dengan skala besar. Namun bisa dimulai dengan eksperimen-eksperimen kecil. Mulai dari coba kenalkan produk pada komunitas. “Di tahap awal tidak perlu tunggu yang sempurna dulu, luncurkan saja langsung ke sejumlah komunitas, dapat feedback, baru kembangkan lagi,” ujarnya .

Data-data yang dibutuhkan untuk mengembangkan produk tersebut bisa dilakukan melalui riset. Mulai dari survey, atau untuk lebih mudah dengan dana yang lebih rendah, riset bisa dilakukan dengan sistem testing.

Sedangkan untuk qlapa.com sendiri, tahun ini diharapkan bisa tumbuh hingga dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. “Kami sedang menyusun strategi pendekatan offline to online, karena barang-barang kerajinan sejauh ini masih banyak yang offline,” ujarnya. (dna/ric)

Silakan beri komentar.