Metabolisme Tubuh Menurun? Tingkatkan dengan Konsumsi Makanan Ini

150

Seperti dilansir healthy guide, Rabu (14/3), terdapat banyak manfaat saat metabolisme bekerja dengan baik, di antaranya perbaikan sel, pernapasan, peredaran darah, dan keseimbangan hormonal.

Namun, jika tingkat metabolisme rendah, beberapa masalah kesehatan akan terjadi seperti kelelahan, depresi, nyeri saat menstruasi, persendian yang membengkak, berat badan naik, denyut jantung yang lambat dan banyak lagi.

Ilustrasi: grapefruit atau jeruk limau gedang mampu meningkatkan metabolisme.
(healthyguide)

Lalu bagaimana solusinya? Ternyata, ada beberapa cara yang dapat membantu meningkatkan metabolisme, salah satunya melalui makanan. Berikut sejumlah makanan sehat yang telah terbukti dan direkomendasikan oleh para profesional untuk dikonsumsi sehari-hari.

1. Jahe

Bumbu yang banyak digunakan di dapur ini membantu meningkatkan metabolisme. Jahe memiliki kualitas thermogenik, artinya jika mengonsumsinya secara teratur maka bisa mengalami sedikit peningkatan suhu tubuh. Kenaikan suhu tubuh ini bisa menyebabkan tingkat metabolisme lebih tinggi.

Selain itu, jahe juga membantu dalam meningkatkan diameter arteri kecil dan meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi dan aliran darah diketahui terkait dengan kenaikan suhu tubuh, yang pada gilirannya dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh dalam membakar kadar kalori yang lebih tinggi.

2. Apel

Kaya akan serat larut dan rendah kalori, apel efektif untuk meningkatkan metabolisme pria dan wanita. Kandungan serat apel bisa menjaga sel agar tidak menyerap lemak, sekaligus juga mendorong penyerapan air.

Oleh karena itu, sekaligus dapat membantu menghilangkan timbunan lemak dari tubuh dan membawa dampak peningkatan pada aktivitas metabolik.

3. Jeruk Limau Gedang

Mengandung vitamin C tingkat tinggi, jeruk limau gedang dapat memperbaiki fungsi sistem metabolisme. Vitamin C dapat membantu mengatur metabolisme lemak dan mendukung proses pembakaran lemak.

Jeruk jenis ini juga mengandung flavonoid bernama naringenin yang memiliki sifat antioksidan yang sangat baik untuk fungsi sistem metabolisme. Naringenin dapat membantu banyak dalam membantu menurunkan kadar insulin di dalam darah. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan metabolisme dan kadar gula darah seimbang.

4. Cabe rawit

Cabe rawit memiliki capsaicin, senyawa yang terkenal memiliki efek positif pada peningkatan tingkat metabolisme tubuh. Capsaicin memiliki sifat termogenik yang dapat membantu sel dalam mengubah energi menjadi panas.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry pada tahun 2008, melaporkan bahwa capsaicin dapat menyebabkan peningkatan thermogenesis dan metabolisme.

5. Lemon

Lemon adalah sumber yang bagus untuk meningkatkan metabolisme. Lemon dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan mendetoksifikasi hati. Vitamin C dan enzim yang terkandung dalam lemon dapat membantu membersihkan zat beracun dari tubuh dengan mengubahnya menjadi senyawa yang akan dieliminasi dari tubuh dalam bentuk limbah. Hal ini pada akhirnya dapat membantu memperbaiki fungsi metabolik Anda.

Untuk memanfaatkan lemon, hanya perlu memeras setengah lemon dalam segelas air hangat dan mengonsumsinya di pagi hari.


(fid/JPC)

Silakan beri komentar.