Keluarga dan Keberhasilan Pendidikan Anak

164
Oleh : Pramita Agnes Wahareni SPsi *)
Oleh : Pramita Agnes Wahareni SPsi *)

RADARSEMARANG.COM – KELUARGA adalah unit terkecil dalam masyarakat. Keluarga sejahtera dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah, mampu memenuhi kebutuhan hidup spiritual dan material yang layak, bertakwa kepada Tuhan YME, memiliki hubungan yang sama, selaras, seimbang antara anggota keluarga dengan masyarakat dan lingkungan. Namun demikian, keberhasilan pendidikan anak tidak tergantung pada latar belakang kehidupan maupun status sosialnya saja, tetapi sangat dipengaruhi oleh peran keluarga yang menjadi motivator utama selain dirinya pribadi dalam menanamkan keberhasilan yang perlu direncanakan demi masa depan. Status anak sebagai keluarga kaya, pejabat, berpangkat, maupun bangsawanpun tidak sepenuhnya menjamin terciptanya generasi yang potensial dan tangguh dalam menghadapi tantangan masa depan.

Bagaimana keluarga menciptakan tunas-tunas bangsa yang potensial dan bisa diandalkan di masa depan? Etika yang benar harus diajarkan dan diteladankan kepada anak sejak dini, sehingga ketika dia dewasa, dia akan berperilaku baik. Memelihara hubungan baik sehingga memperkuat ikatan emosional antara anak dan orang tua. Sebagai orangtua, kita harus banyak memperhatikan anak dengan penuh ketulusan dan kasih sayang. Tidak langsung marah dan menindak atau menghukum anak, sehingga menghasilkan anak-anak yang baik secara emosional dan spiritual, karena merekalah harta kekayaan terbesar orang tua.

Setiap individu ingin masa depan yang gemilang. Setiap individu memiliki potensi untuk meraihnya dari mereka sekolah sampai diterima bekerja. Proses tersebut harus dijalani agar berprogress dalam kehidupannya sehari-hari, sehingga tercapai masa depan yang gemilang. Gambaran tentang masa depan dapat diajarkan kepada anak dengan tetap memperhatikan bakat dan potensinya yang bekembang.

Pendidikan sebagai investasi masa depan. Oleh karenanya, untuk mencapai cita-citanya seorang anak membutuhkan pendidikan. Bisa dikata, pendidikan adalah investasi bagi masa depan seorang anak. Disinilah peran keluarga ikut andil dalam mewujudkan kemajuan bangsanya. Keluarga merupakan unit pendidikan yang utama dan pertama dalam pembinaan tumbuh kembang, penanaman nilai moral dan pembentukan kepribadian individu. Peran pendidikan sangat penting untuk membantu keberhasilan anak di sekolah, factor yang mendukung keberhasilan pendidikan anak diantaranya adalah peran orang tua dengan : menanamkan cinta belajar, membagi waktu belajar anak, dan berikanlah motivasi dalam mengerjakan tugas sekolah. Keluarga merupakan pondasi tumbuh dan berkembangnya bangsa. Maka, orang tua harus menularkan semangat dan kecerdasan emosional kepada anak, menumbuhkembangkan potensi (kognitif, afektif, psikomotor) anak ke arah positif, artinya tidak hanya sebatas keberhasilan meraih nilai bagus tapi pendidikan berkontribusi bagi masa depan anak ketika memasuki dunia sesuai tugas perkembangan selanjutnya, serta membimbingnya menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, berbudi luhur, dan berkepribadian yang mantap. (*/ida)

*) Guru BK SMA Negeri 2 Demak

Silakan beri komentar.