Dorong Optimalkan Pekerja Lokal

330

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – DPRD Jateng meminta agar dunia industri lebih mengoptimalkan penyerapan tenaga kerja lokal. Hal itu sebagai salah satu cara meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan di provinsi ini. Sebab sejumlah daerah di Jateng mulai banyak tumbuh industri skala besar.

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Muh Zen Adv mengatakan, penyaluran tenaga kerja sudah seharusnya sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan disesuaikan dengan kuota. Ia berharap pemprov maupun pemkab/pemkot lebih dapat menjaring tenaga kerja lokal. “Diharapkan tenaga kerja yang terserap dari daerah tersebut, sehingga akan memacu kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, Kabupaten Batang merupakan salah satu wilayah di Jateng dengan pertumbuhan industri yang pesat. Kondisi itu jelas akan bisa memacu roda perekonomian agar berjalan dengan baik. “Tidak hanya itu, investor yang menanamkan modal di bidang industri juga harus mematuhi Rancangan Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) yang sudah ditetapkan,” tambahnya.

Anggota Komisi E DPRD Jateng, Nur Khasanah meminta agar pemerintah daerah lebih berhati-hati dengan tenaga kerja pendatang. Mereka harus bisa menjunjung tinggi lokalitas dan budaya setempat. “Pemerintah kabupaten/kota harus memberikan proteksi bagi tenaga pendatang. Jangan sampai membuat masalah,” tambahnya.

Ia juga menyoroti masih adanya daerah yang rawan pekerja prostitusi. Bahkan, banyak yang datang dari berbagai wilayah. “Harus ada antisipasi, dan kami berharap daerah di Jateng bisa benar-benar memprioritaskan pekerja lokal yang bisa diserap dunia industri,” tambahnya. (fth/ric)