Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

375
KOMPAK : Siswa SMK Citra Medika berfoto bersama di Agrowisata Sido Muncul, kemarin. (IST)
KOMPAK : Siswa SMK Citra Medika berfoto bersama di Agrowisata Sido Muncul, kemarin. (IST)

RADARSEMARANG.COM, MAGELANG – Sekitar 63 siswa kelas X SMK Citra Medika Kota Magelang melakukan kunjungan industri ke PT Sido Muncul Tbk dan PT Cisarua Mountaint Dairy (Cimory) di Kabupaten Semarang, Senin (12/3). Rombongan SMK Kesehatan asal Kota Magelang ini ingin mengembangkan keterampilan nonakademik.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Hubungan Industri Sri Nuryanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan siswa. Selain itu untuk menggali tentang jenis-jenis bahan baku dan proses pembuatan produk hingga siap dipasarkan. “Melalui kunjungan ini, kami harap siswa memiliki keterampilan di dunia industri,” katanya.

Kunjungan ini juga untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada diri siswanya. Terutama, bagi siswa yang ingin membuat produk makanan, minuman, maupun obat-obatan tradisional yang bermanfaat. “Jadi ilmu-ilmu yang didapat secara teoritis di sekolah ada korelasinya dengan yang ada di perusahaan. Usai kegiatan ini, siswa diminta membuat laporan,” imbuhnya.

Seorang siswa, Yogi Faisal Maris merasakan keseruan selama mengikuti kunjungan industri. Ia mendapat pengalaman baru dan mengerti kondisi sebuah perusahaan besar. “Saya jadi punya gambaran, ketika terjun di dunia kerja yang sesungguhnya,” tutur siswa kompetensi Farmasi itu. (put/sct/ton)