Panggung Fashion Berduka, Perancang Mode Givenchy Meninggal Dunia

169

Meski diketahui meninggal sejak Sabtu, 10 Maret 2018 tapi berita kematian sang perancang baru diumumkan 2 hari setelah Senin (12/3). Salah satunya dari akun resmi merek Givenchy.

House of Givenchy dengan sedih mengabarkan meninggalnya pendirinya, Hubert de Givenchy, tokoh utama dunia Haute Couture Prancis dan seorang pria yang melambangkan keanggunan Paris selama lebih dari setengah abad. Dia akan sangat dirindukan,” tulis akun Twitter @givenchy 20 jam yang lalu, Selasa (13/3).

Hepburn dalam balutan Givenchy dalam Breakfast at Tiffany’s tahun 1961
(Getty Images/Elle)

Dilansir dari Elle, Hubert mendirikan rumah mode serupa dengan namanya, Givenchy pada tahun 1952 yang terkenal dengan potongan klasik dan elegan. Givenchy pun terkenal dengan sebagai ikon gaya berpakaian dari tokoh dunia seperti Audrey Hepburn, the Duchess of Windsor, dan Jackie Kennedy.

Hubungannya dengan Hepburn diketahui mencapai lebih dari 40 tahun. Tentunya, lewat tangan dingin Hubert de Givenchy, Hepburn menjadi salah satu wanita dengan pakaian terbaik sepanjang masa di Hollywood sepanjang masa.

Salah satunya, Givenchy merancang gaun bunga putih Hepburn dalam penghargaan Oscar pertama.

“Dia adalah satu-satunya pakaian yang membuat saya menjadi diri saya sendiri. Dia jauh lebih baik daripada seorang couturier, dia adalah pencipta kepribadian,” kata Hepburn yang dikutip untuk sang perancang legendaris dilansir dari Independent, Selasa (13/3).

Pria yang lahir tahun 1927 di Beauvais, Prancis, Givenchy awalnya mempelajari hukum sebelum memasuki Ecole des Beaux Arts di Paris.

Seperti dilansir dari Business of fashion, ia pernah bekerja sama dengan Pierre Balmain, Christian Dior, dan Elsa Schiaparelli sebelum membuka merek mewah Givenchy. Givenchy pun akhirnya memberanikan diri membuat pakaian pria pada tahun 1969.

Setelah lebih dari 30 tahun berkarya, ia pun menjual labelnya pada kelompok barang mewah Prancis LVMH pada tahun 1988 seharga USD 45 juta atau setara Rp 618 miliar (nilai tukar rupiah hari ini).

Untuk karyanya yang luar biasa, Givenchy menerima Legion of Honor, salah satu penghargaan paling bergengsi di Prancis pada tahun 1983. Penghargaan prestasi seumur hidup dari Dewan Perancang Mode Amerika pada tahun 1995 pun diterimanya ketika pensiun.


(ce1/ana/JPC)

Silakan beri komentar.