Melanggar, Ratusan APK Dicopot

234
GABUNGAN: Tim gabungan saat mencopot APK Pilgub Jateng, kemarin. Pencopotan APK tersebut dilaksanakan secara serentak juga di Kabupaten Semarang. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
GABUNGAN: Tim gabungan saat mencopot APK Pilgub Jateng, kemarin. Pencopotan APK tersebut dilaksanakan secara serentak juga di Kabupaten Semarang. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) Pilgub Jateng ditertibkan tim gabungan Panwas Kabupaten Semarang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang, Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang, Satpol PP Kabupaten Semarang, dan Polres Semarang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Semarang, Agus Riyanto mengatakan jika jumlah APK tersebut mencapai 180 buah yang tersebar di 19 Kecamatan. “Penertiban dilakukan secara serentak oleh tim gabungan,” ujar Agus, Senin (12/3).

Pada kesempatan tersebut, ratusan APK tersebut dipasang sembarangan dan melanggar ketentuan. Dikatakannya, mengingat wilayah Kabupaten Semarang yang cukup luas, maka tim gabungan dibagi menjadi tiga.

Dimana tim satu melakukan penertiban di Ungaran Kota hingga Kecamatan Bawen. Untuk tim dua melakukan penertiban dari Kecamatan Bawen hingga wilayah Kecamatan Jambu yang berbatasan dengan Kabupaten Temanggung.

Tim tiga melakukan penertiban mulai dari Kecamatan Bawen hingga Sruwen, Tengaran yang berbatasan dengan Kabupaten Boyolali. Selain tim gabungan tersebut, penertiban juga dibantu tim dari tingkat kecamatan.“Terutama di jalan-jalan protokol kita tertibkan,” lanjutnya.

Penertiban APK ini sesuai hasil rapat bersama Tim Gabungan yang terdiri Panwas, KPU, Dishub, Satpol PP, Polres Semarang dan TNI.  Penertiban ini dilakukan secara serentak karena pemasangan APK tidak sesuai dengan ketentuan. “Pemasangan yang dilakukan ini tidak sesuai dengan PKPU No 4 tanun 2017 tentang kampanye,” ujarnya.

Adapun jenis APK yang tertibkan berupa spanduk maupun baliho yang berisi gambar masing-masing pasangan calon gubernur. Selain itu, kata Agus, berdasarkan Surat Edaran (SE) KPU disebutkan partai politik sudah boleh memasang bendera partai berikutnya nomornya untuk sosialisasi. (ewb/bas)

Silakan beri komentar.