Mahasiswa Hukum Ikut Pendidikan Advokat

691
SEPAKAT : Penandatanganan MoU antara Ketua DPD Ikadin Jateng dengan FH Unwahas Semarang, Senin (12/3). (JOKO SUSANTO/Radar Semarang)
SEPAKAT : Penandatanganan MoU antara Ketua DPD Ikadin Jateng dengan FH Unwahas Semarang, Senin (12/3). (JOKO SUSANTO/Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Jawa Tengah bekerjasama dengan Fakultas Hukum (FH) Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang menyelenggarakan Pendidikan Kemahiran Advokat (PKA). Pendidikan ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah hukum acara dan seluruh sarjana bidang ilmu hukum.

“Sekarang ini persoalan kebutuhan bantuan hukum bagi masyarakat makin tinggi sejak ada access to justice, akses hukum bagi pencari keadilan sangat besar, sehingga advokat sangat dibutuhkan,” kata Rektor Unwahas Prof Mahmutarom di sela penandatanganan nota kesepahaman di aula FH Unwahas, Senin (12/3).

Mahmutarom berharap kerjasama itu dapat memberi nuansa baru dalam melahirkan banyak advokat, dengan tetap menjaga kualitas. Nota kesepahaman ini merupakan bentuk kerja sama dalam rangka meningkatkan peran universitas secara lebih luas.

Ketua Ikadin Jateng Rangkey Morgana berharap, kerjasama tersebut bukan hanya dalam penyelenggaraan pendidikan profesi advokat saja. Melainkan juga bisa di bidang lain, seperti penelitian maupun pengabdian pada masyarakat. Menurutnya, ilmu yang diperoleh di bangku kuliah jelas belum cukup, karena masih banyak ilmu di luar yang belum diajarkan di kampus.

“Sehingga tidak salah banyak sarjana hukum yang belum siap terjun ke lapangan, belum siap bersaing, bahkan belum siap mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu kami berharap penyelenggaraan PKA bermanfaat sebagai bekal nantinya,” sebutnya. (jks/ton)