Koleksi Rumah Arca Sukoharjo Bertambah Satu

223

Juru pemelihara Rumah Arca Sukoharjo, Sadimin mengatakan, Nandi tanpa kepala tersebut memiliki panjang 1 meter, lebar 45 cm, dan tebal 60 cm. Menurut dia, Nandi ini peninggalan hindu.

”Kemarin Januari sudah dipindahkan ke sini,” katanya kepada Jawa Pos Radar Solo Selasa (13/3).

Penataan BCB terdiri dari sisi dalam dan luar. Di dalam bangunan ada sekitar 52 buah BCB. Sementara di sisi luar ada 45 BCB. Rata-rata BCB terdiri dari lingga, yoni, dan lumpang. Lingga dan yoni ini simbol lelaki dan perempuan yang mengartikan kesuburan.

Jika masyarakat ingin melihat koleksi Rumah Arca Sukoharjo, tidak dipungut biaya. Selain untuk memelihara BCB, juga untuk edukasi bagi masyarakat. Kebanyakan pengunjungnya para pelajar SD. Selain itu, minat masyarakat masih minim.

Sistem pengamanan rumah arca menggunakan pagar besi. Jika jam kunjungan selesai, pintu dikunci dengan gembok. Selain itu, pihaknya juga selalu melakukan patroli rutin tiap malam.

Mayoritas arca hasil temuan dari wilayah Kecamatan Gatak dan Pajang. Namun, ada juga yang ditemukan dari kecamatan lain di Sukoharjo. Pengumpulan BCB ini dilakukan sejak berdirinya rumah arca pada 1995/1996. Kebanyakan benda kuno diyakini ada sejak zaman Mataram Kuno.

”Ini batunya ada bentuk kerbau tanpa kepala. Itu masih jamaan kerajaan. Ya intinya kita disini untuk melakukan pengawasan dan perawatan pada BCB yang ada,” tutur Sadimin.

(rs/yan/fer/JPR)

Silakan beri komentar.