Rinto Subekti (Istimewa)
Rinto Subekti (Istimewa)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Partai Demokrat akan memasang sejumlah artis, atlet dan selebritis guna mendulang suara pada Pileg 2019. Saat ini, sudah ada sejumlah kader eksternal dari kalangan atlet dan artis yang dipastikan bakal diboyong Partai Demokrat.

Diantaranya mantan petinju yang pernah menyabet juara dunia, Chris John, atlet judo Krisna Bayu, artis Dina Lorenza, serta penyanyi Vicky Shu. “Mereka sudah dikonfirmasi bakal maju pada Pileg untuk DPR RI,” terang Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti, Minggu (11/3).

Pihaknya juga berencana merangkul tokoh-tokoh masyarakat lokal dan tokoh agama di tingkat kabupaten/kota. Merangkul berbagai kalangan itu merupakan salah satu upaya mendulang suara di semua elemen masyarakat. Meski begitu, Rinto mengaku tidak akan mengesampingkan kader internal. “Kader internal tetap menjadi prioritas. Termasuk dalam pemberian nomor urut pencalegan haruslah menguntungkan kader sendiri,” imbuhnya.

Upaya penggalangan massa besar-besaran itu merupakan bagian dari instruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk bangkit menjadi partai unggulan. Memang, DPD Partai Demokrat Jateng diberi target yang cukup tinggi. Yakni memenangkan 50 persen di Pilkada 7 daerah dan Pilgub, serta 15 persen kursi di DPRD kabupaten/provinsi dan DPR RI.

Target itu dilontarkan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat Rapat Pimpian Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Sabtu (10/3). Mantan Presiden ini menyampaikan analisa dan evaluasi yang membuat partai dibawah kepemimpinannya loyo pada 2014 silam. Karena itu, 2019 mendatang, Demokrat diharapkan mengulangi masa kejayaannya seperti tahun 2004 dan 2009.

“Pada 2014, Demokrat gagal karena tidak mengusung kader sendiri. Insya Allah tahun 2019 Partai Demokrat akan usung pasangan capres dan cawapres yang paling tepat dan paling baik,” bebernya.

Terkait nama yang akan dimunculkan, SBY masih merahasiakannya. “Putra putri terbaik yang dinilai cakap akan diumumkan sebagai paslon dari Demokrat,” imbuhnya.

Dalam pertemuan yang melibatkan ribuan kader partai dari seluruh daerah di Indonesia itu, dihadiri Presiden Joko Widodo, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkopolhukam Wiranto, mantan Wapres Boediono, Ketua Komando Tugas Bersama Pemenangan Pemilu 2019 Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pada kesempatan itu, Joko Widodo dengan lantang menyebut dirinya seorang demokrat sejati. Ciri-ciri seorang Demokrat adalah menjadi pendengar yang baik, menghargai orang lain, menghargai perbedaan tanpa menjadikannya sebagai sumber permusuhan.

“Saya dengan pak SBY itu beda-beda tipislah. Kalau saya orang Demokrat, Pak SBY Ketua Partai Demokrat,” candanya. (amh/ric)