Siswa SMKN 1 Demak Diberi Bekal Masuk Dunia Kerja

193
PEMBEKALAN: Para siswa SMKN 1 Demak diberikan pembekalan terkait pengalaman dunia kerja. 9WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)
PEMBEKALAN: Para siswa SMKN 1 Demak diberikan pembekalan terkait pengalaman dunia kerja. 9WAHIB PRIBADI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Ratusan siswa SMKN 1 Demak menerima pembekalan seputar pengalamana  kerja. Ini dinilai penting agar mereka mampu mempersiapkan diri untuk masuk dunia kerja yang sesungguhnya, utamanya setelah selesai tamat pendidikan sekolah.

Pembekalan yang berlangsung di ruang Aula SMKN 1 Demak ini diikuti sekitar 462 siswa dari beberapa jurusan.  Yaitu, jurusan akuntansi (111 siswa), administrasi perkantoran (109 siswa), pemasaran (70 siswa), busana butik (61 siswa), dan jurusan multimedia (111 siswa).

Mereka dibagi dalam tiga kelompok untuk memudahkan pembekalan.  Kegiatan pembekalan ini menghadirkan sejumlah pihak yang berkompeten dibidangnya. Yaitu, Krishna Eka Puji Santoso dari Pengurus Forum Komunikasi BKK Provinsi Jateng, Fuad Hasan, Arif dan M Harun dari PNM Mekar.

Kepala SMKN 1 Demak, M Subekhan, MPd mengatakan, pembekalan calon tamatan SMKN 1 tahun ajaran 2017/2018 yang mengusung tema persiapan memasuki dunia kerja tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya serap tamatan sekolah didunia usaha atau dunia industri. “Ini juga sekaligus menyiapkan tamatan yang bertaqwa dan berbudi luhur, mempunyai etos kerja dan berjiwa wirausaha,” katanya.

Dalam kesempatan itu, pembekalan yang dilakukan dimaksudkan agar siswa mengetahui aturan Undang -undang ketenagakerjaan serta dapat memahami realitas dunia kerja yang akan dijalani nantinya. Dia menambahkan, pembekalan tersebut dilakukan dan kemudian akan dilanjutkan dengan kegiatan bursa kerja khusus (BKK).

Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 39 Tahun 2016. Dalam permenaker ini, bahwa BKK adalah unit pelayanan pada satuan pendidikan menengah, satuan pendidikan tinggi dan lembaga pelatihan kerja yang memberikan fasilitasi penempatan tenaga kerja kepada alumninya.

Menurutnya, ada 4 kegiatan pokok BKK. Yaitu, menyiapkan siswa memasuki lapangan kerja, mengembangkan sikap profesionalisme dibidang keterampilannya, memberikan informasi ketersediaan lowongan kerja dan mempertemukan tenaga kerja dengan pemberi kerja. “Selain itu, melakukan monitoring serta penelusuran tamatan,” katanya. (hib/sct/bas)

Silakan beri komentar.