KKN UPGRIS Gelar Pelatihan Penyusunan RAB

351
PELATIHAN: Tim KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) bersama narasumber pelatihan dan perangkat Desa Karanganyar, Tuntang. (ISTIMEWA)
PELATIHAN: Tim KKN Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) bersama narasumber pelatihan dan perangkat Desa Karanganyar, Tuntang. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, TUNTANG – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Desa Karanganyar, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang mengadakan kegiatan pelatihan penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Kegiatan ini digelar Rabu (28/2) lalu di Ruang Serbaguna Desa Karanganyar. Pelatihan yang diikuti seluruh perangkat desa setempat tersebut menghadirkan pemateri Dosen Teknik Sipil UPGRIS, Slamet Budirahardjo ST MT.

Ketua panitia, Yasin Musthofa, mengatakan, dalam kegiatan tersebut diberikan pelatihan cara penyusunan RAB, sehingga peserta bisa mengatur pengelolaan anggaran biaya dalam pembangunan desa dengan baik.

“Pelatihan ini sangat berguna bagi para perangkat Desa Karanganyar, karena dengan adanya pelatihan ini mereka bisa mengetahui pengelolaan anggaran biaya sekaligus mengaplikasikannya,” katanya.

Salah satu perangkat Desa Karanganyar, Afid, mengungkapkan, pelatihan ini akan memudahkan perangkat desa dalam menyusun RAB pembangunan desa. Sehingga pelaksanaan setiap pembangunan akan berjalan lancar dan transparan.  Hal senada diungkapkan Heru Sunarto, Sekretaris Desa Karanganyar. “Kami jadi tidak bingung lagi saat menyusun RAB,” akunya.

Slamet Budirahardjo mengaku bangga bisa menularkan ilmunya kepada perangkat desa. Ia juga sangat senang melihat antusias peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Dosen Pendamping Lapangan (DPL) KKN UPGRIS Desa Karanganyar, Setyoningsih Wibowo ST  MKom mengapresiasi digelarnya pelatihan tersebut. “Harapannya, para perangkat desa dapat bertambah pengetahuannya bagaimana merancang dan mengatur keuangan, serta mengatur biaya-biaya, sehingga pembangunan dapat terwujud sesuai dengan yang direncanakan,” katanya. (bis/aro)