Tampil Beda Tanpa Kesampingkan Fungsi

Antara Fungsi dan Variasi Body Kit

1470
FUTURISTIK : Body kit bagian depan yang terpasang di Mitsubushi Xpander membuat tampilan mobil menjadi futuristik. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)
FUTURISTIK : Body kit bagian depan yang terpasang di Mitsubushi Xpander membuat tampilan mobil menjadi futuristik. (Nurchamim/jawa pos radar semarang)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Mempercantik mobil tentu sah-sah saja. Tujuannya agar tampil beda dibandingkan mobil lainnya. Apalagi khusus mobil yang banyak ada di pasaran, tampil beda tentu merupakan hal yang wajib. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melakukan modifikasi pada bagian body mobil. Misalnya bumper, side skirt dan spoiler agar mobil tampil lebih sporty serta futuristik.

Aditya Listiyan S dari  JA- Auto yang terletak di Jalan WR Supratman Semarang mengatakan body kit adalah sebuah modifikasi yang dilakukan untuk mengubah bagian bumper depan dan belakang, side skirt dan penambahan spoiler di mobil. “Modifikasi bisa menggunakan plug and play atau after market atau custom. Warnanya pun menyelaraskan dengan warna body,” katanya.

Untuk plug and play body kit, biasanya tersedia untuk mobil keluaran baru. Misalnya Xpander, Avanza, Ayla, Agya dan mobil sejuta umat lainnya. Selain city car, mobil kelas SUV pun tersedia seperti jenis Fortuner VRZ, Pajero dan yang lainnya. “Misalnya VRZ standar diubah menjadi body kit Viar desain versi I yang jarang ada di pasaran. Tampilan mobil akan berbeda serta terkesan sporty dan ceper,” ucapnya.

Untuk body kit custom, lebih dikenal dengan bahan fiber, punya berbagai kelebihan. Yakni bisa mendesain dengan bentuk yang lain sesuai selera. Namun pengerjaannya cukup lama karena dikerjakan manual dengan tangan dan menyesuaikan dimensi mobil. “Sesuai namanya, plug and play tinggal diaplikasikan langsung ke body tanpa mengubah dudukan dan lainnya,” jelasnya.

Untuk body kit plug and play, pun dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan grade yang biasanya diproduksi secara massal sesuai dengan brand dan jenis mobil saat ini. Pertama adalah jenis abs plastic lokal, abs plastic pure, dan yang terakhir adalah original body kit atau orginal equipment manufacture (OEM). “Untuk OEM ini tentu lebih mahal dan biasanya disukai yang mindset nya original dari pabrikan. Misalnya saja TRD, Ativus, FR Desain, Tithum, Mugen, Modullo, Tipe R dan masih banyak lagi,” paparnya.

Dari empat klasifikasi tadi, tinggal disesuaikan dengan budget dan fungsi yang diinginkan. Paling penting adalah tidak mengubah fungsi mobil dan tidak mengesampingkan keselamatan dalam berkendara. “Alangkah baiknya memilih dan mempertimbangkan segi aerodinamis mobil, entah itu plug and play ataupun custom,” bebernya.

Selain body kit, biasanya pemilik mobil jenis SUV memilih memasang towing bar di bagian bumper belakang. Secara fungsi, towing bar digunakan untuk menderek mobil. Namun lambat laun sesuai dengan perkembangan zaman, alat tersebut juga bisa digunakan untuk perlindungan bumper belakang. “Biasanya cocok dipakai mobil jenis SUV atau MVP, selain untuk menderek akhirnya kini lebih mempertimbangkan estetika mobil dan melindungi mobil dari tabrakan,” tambah Shindu Poernomo, punggawa Premiere Garage Auto Detailing.

Biasanya untuk memiliki towing bar, modifikator harus memesan atau custom. Namun seiring banyaknya pengguna SUV, kini towing bar juga disediakan di after market dengan variasi bentuk dan warna yang bisa disesuaikan dengan warna mobil. “Ada yang polos, krom ataupun dengan tambagan reflektor. Plug and play ini pun banyak diminati karena tidak mengubah dudukan dan mudah dipasang,” katanya. (den/ric)