Kurang Puas, Istri Marah

269

­

Tanya dr Andi:

RADARSEMARANG.COM – Istri saya sekarang suka uring-uringan, tanpa sebab yang jelas. Saya kira penyebabnya adalah hubungan kami yang kurang memuaskan. Saya akhir akhir ini sering capek habis bekerja, jadi kurang dapat maksimal dalam berhubungan. Bagaimana agar kami bisa lebih baik lagi dok? Terimakasih.

(E di S)

Jawab dr Andi:

Mengukur tingkat kepuasan dalam hal seksualitas: 1. Secara emosional, ada rasa nyaman, rasa tenang dan sudah tidak terlalu terangsang seperti sebelum berhubungan. 2. Secara fisik, otot otot panggul dan organ intim secara ritmik mengejang dan akhirnya relaksasi. 3. Desahan nafas meningkat, denyut jantung berdebar sampai batas tertentu kemudian menurun bertahap. 4. Ada perasaan melayang seperti ke puncak yang tertinggi, dibarengi rasa kasih sayang terhadap pasangan. Ini yang dinamakan orgasme. 5. Pada pria disertai ejakulasi dan denyutan saluran uretra.

Perlu diketahui tanda bahwa istri puas atau tidak: 1. Ada kekejangan seluruh tubuh selama beberapa menit 2. Dibareng dengan membesarnya aliran darah ke daerah panggul. 3. Ini menimbulkan denyutan ritmik di saluran organ intim wanita. 4. Ada perasaan bahagia yang ditimbulkan keluarnya hormon endorfin.

Untuk mencari penyebab sering tidak puas: 1. Apakah istri punya keputihan dan ada timbul rasa nyeri dan perih di organ initm. 2. Apakah milik suami kurang tegang dalam ereksi. Bila penis lembek, kurang ada regangan di organ intim istri. jadi kurang menimbulkan sensasi. 3. Mencari bagian manakah yang membuat istri lebih terangsang, dan bagian tubuh mana yang sering menimbulkan kegelian, jadi malah sulit mencapai orgasme. 4. Perlu pemeriksaan lab mengukur kadar hormonal agar lebih peka terhadap rangsangan. (*/zal)

(www.dokterAndi.com)

Kepustakaan:

Brody S. Vaginal orgasm is associated with better psychological function. Sexual and Relationship Therapy.Vol 22, 2007(2).