Lebih Efektif, Urus Administrasi Perkara Kini Cukup Satu Jam

375
PELAYANAN : Pengadilan Negeri Batang kini memiliki Pelayanan Terpadu Satu Pintu, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengajukan tindakan pengadilan dengan cepat. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
PELAYANAN : Pengadilan Negeri Batang kini memiliki Pelayanan Terpadu Satu Pintu, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengajukan tindakan pengadilan dengan cepat. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Sebagai upaya meningkatkan pelayanan, Pengadilan Negeri (PN) Batang membangun ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (PTSP). Dengan begitu, pengurusan administrasi pengadilan menjadi lebih cepat. Yang semula membutuhkan waktu sehari dalam satu perkara, kini cukup satu jam.

Layana tersebut resmi dilaunching oleh Ketua Pengadilan Negeri Jawa Tengah, Dr. Nommy HT,Siahaan S.H.H Siahaan didampingi oleh Ketua PN  Batang Indirawati dan Bupati Batang Wihaji dan Wakil Bupati Suyono, Rabu (7/3).

Ketua PN Kabupaten Batang Indirawati  SH, MH mengatakan, layanan PTSP ini merupakan kepanjangtanganan dari Mahkamah Agung (MA) untuk Peradilan yang lebih agung. MA mencanangkan PTSP dengan menjunjung tinggi transparasi  untuk terwujudnya peradilan yang lebih agung.

“Dengan PTSP harapannya PN lebih maksimal melayani masyarakat Batang di bidang hukum agar lebih transparan dan akuntabel,” jelasnya, Jumat (9/3).

PTSP PN Batang, memberikan tiga layanan, yaitu layanan perdata, pidana dan hukum. Masing-masing layanan akan diproses one day service atau sehari selesai.

“Dulu aduan dilayani secara manual tetapi sekarang dilayani dengan komputerisasi dengan kecepatan layanan hitungan jam bukan hari lagi,” tegasnya.

Ditambahkan Kepala Bidang Humas PN Batang Mochammad Isa Nazarudin, bahwa PTSP ini dibuat unutuk memudahkan proses pengadilan. Seperti Surat Bersih Diri, pengajuan sidang, sita dan lain sebagainya. Semua dilayani dengan transparan, dengan tarif yang sduah ditetapkan dan dipampang jelas.

“Dulu dalam pelayana masih manual, sehingga butuh pindah meja beberapa kali. Namun kini dnegan aplikasi, masyarakat tunggak datang daftar, administrasi yang dulu sehari, satu jam sudah selesai,” jelasnya semangat.

Terpisah Bupati Batang Wihaji, sangat pengapresiasasi layanan baru tersebut. Karena layana tersebut mengikuti perkambangan zaman. Pemerintah Batang juga sudah banyak menggunakan aplikasi sebagai layanan.

“Akan tetapi saran saya, buatan manusia perlu dievaluasi kedepannya, agar efektif dan efisien, pelayanan smart dan sederhana, termasuk juga dengan PTSP Batang,” pesannya. (han/zal)

Silakan beri komentar.