Gerakan Menanam Sayuran Anak Sekolah Indonesia Kreatif

PKK Kabupaten Pekalongan Canangkan "GEMAS ASIK"

656
PENCANANGAN : Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan Munafah Asip Kholbihi saat melaunching gerakan menanam sayuran anak sekolah Indonesia kreatif di SMP N 1 Petungkriyono. (TAUFIK HIDAYAT/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM – UNTUK meningkatkan pola hidup sehat serta memanfaatkan lingkungan sekitar, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pekalongan, mulai menggencarkan gerakan menanam sayuran di setiap halaman rumah, sekolah dan perkantoran masing-masing.

Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan, Munafah Asip Kholbihi, mengawali Gerakan Menanam Sayuran Anak Sekolah Indonesia Kreatif (GEMAS ASIK) di SMP Negeri 1 Petungkriyono, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan tersebut diikuti oleh semua pengurus PKK mulai dari tingkat desa hingga kabupaten, dengan memanfaatkan pekarangan rumah dan pbalai desa.

Selain untuk meningkatkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran dan buah, serta penghijauan di lingkungan sekitar, juga untuk meningkatkan pendapatan warga, karena sayur yang ditanam juga bisa dijual ke pasar untuk meningkatkan pendapatan keluarga.

Launching GEMAS ASIK, yang dipimpin oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan, dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Siswanto, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), Camat Petungkriyono, serta beberapa pengurus PKK tingkat kecamatan.

Munafah Asip Kholbihi menjelaskan kegiatan ini sekaligus untuk mengenalkan siswa cara menanam sayur yang tepat dan benar. Tidak hanya itu, siswa juga bisa belajar mengenai jenis sayuran, kandungan gizi dan vitamin, hingga manfaatnya secara ekonomis.

Tidak hanya di sekolah, diharapkan siswa juga mengaplikasikan tanam sayur ini di lingkungan rumah mereka. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam kesempatan tersebut juga membagikan bibit sayuran. Tidak sekadar menanam, siwa juga harus menindaklanjutinya secara kontinyu. Yakni merawat dan membuat laporan terkait pertumbuhan sayuran yang ditanam.

”Kenapa menjadikan siswa sebagai target, dari gerakan itu karena kami menginginkan agar gemar menanam sayuran dapat dilakukan sejak dini dari usia anak-anak. Dengan begitu, akan mudah tertanam dalam jiwa dan menjadi bekal kelak saat mereka dewasa,” ujar Munafah Asip Kholbihi, Jumat (9/3).

Melalui gerakan menanam sayuran ini, anak-anak juga akan tertantang untuk menanam, dan mengetahui bagaimana sulitnya menjaga tanaman, baik sayuran serta buah yang kaya gizi juga vitamin. Saat memanen mereka akan merasakan hasilnya.

Diharapkan ke depan  akan memunculkan kegemaran anak untuk mengonsumsi sayuran dan buah. Karena selain menanam, mereka kemudian memanen, juga menikmati hasilnya untuk dikonsumsi.

”Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana menjadikan lingkungan hijau di sekolah sehingga akan sejuk dipandang mata dan menjadikan sekolah semakin asri. Mengajak siswa memanam sayuran juga dapat meningkatkan nilai-nilai yang penting, seperti nilai menghargai, kesabaran, i ketelitian dan nilai ketekunan,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan, Munafah Asip Kholbihi.(thd/adv/zal)