Genjot Kedelai, Siapkan 8,2 Ribu Ha Lahan

206
Ir Wibowo
Ir Wibowo

RADARSEMARANG.COM, DEMAK – Dinas Pertanian (Dispertan) Pemkab Demak terus berupaya menggenjot produksi kedelai. Sejauh ini produksi kedelai belum bisa maksimal sehingga butuh perluasan lahan.

Kepala Dispertan, Wibowo mengatakan, luasan lahan kedelai terus bertambah. Pada 2017,  tanaman kedelai hanya di lahan seluas 181 hektare. Kemudian, pada 2018 ini ditargetkan bisa menanami lahan seluas  8,2 ribu hektare.

Menurutnya, untuk menggenjot produksi kedelai ini, pihaknya sempat studi banding ke Kabupaten Grobogan. “Di sana itu, lahan yang ditanami jagung yang sudah berumur 90 hari, disusul ditanami kedelai. Jagung yang siap panen, kedelai sudah berumur  satu bulan,”katanya.

Dengan model penanaman seperti itu, produksi kedelai dapat meningkat. “Untuk penanaman kedelai ini, dari pemerintah pusat sebetulnya ada subsidi sebesar Rp 952 ribu bagi petani. Dana itu untuk beli benih, pupuk dan lainnya yang terkait,”ujarnya, kemarin.

Wibowo menambahkan, perluasan lahan dan upaya pemerintah meningkatkan produksi kedelai ini sesuai dengan tujuan untuk bisa berswasembada. Menurutnya, secara nasional ada 1,5 juta hektare untuk penanaman kedelai. Sedangkan, di Jateng ditargetkan 500 ribu hektare dan Demak sendiri diharapkan dapat menanam seluas 20 ribu hektare. ”Sekarang baru 8,2 ribu hektare,”ujar Wibowo. (hib/lis)

Silakan beri komentar.