Ganjar Apresiasi Pengelolaan Enceng Gondok

481
MENYAPA BURUH: Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berkunjung ke PT Sidomuncul, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MENYAPA BURUH: Calon Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berkunjung ke PT Sidomuncul, kemarin. (EKO WAHYU BUDIYANTO/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, UNGARAN – Calon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah PT Sidomuncul yang selama ini membantu mengelola hama enceng gondok yang ada di Waduk Rawapening.

Enceng gondok tersebut diproses sedemikian rupa salah satunya menjadi palet kecil yang dapat digunakan menjadi bahan bakar. “Eceng gondok sekarang sudah diproses di sini, dicampur dengan limbah dari jamu diblending jadi satu dan itu dijadikan palet kecil-kecil dijadikan bahan bakar,” ujar Ganjar saat berkunjung ke PT Sidomuncul, Jumat (9/3).

Langkah yang dilakukan oleh PT Sidomuncul tersebut, kata Ganjar dapat ditindak lanjuti ke depan. Antara lain Pemprov Jateng harus mendorong pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pamali Juana, untuk ikut membantu proses pengelolaan enceng gondok. Dimana enceng gondok tersebut saat ini sebagian besar menutupi permukaan waduk Rawapening.

“Kita tinggal mendorong antara BBWS, kemudian di Rawapening yang paling dekat itu untuk memantapkan satu proses. Sehingga ini nanti betul-betul bisa dikelola dan jadi punya manfaat yang baik,” katanya.

Ganjar saat mengunjungi pabrik jamu tersebut ingin melihat pengolahan jamu serta produk sampingan dari limbah yang menjadi pupuk dan bahan bakar. Ganjar juga menyempatkan diri untuk ngevlog bersama para buruh.

Ganjar juga memasuki ruang-ruang produksi untuk melihat proses pembuatan jamu secara modern ini. Ganjar terkesan dengan potensi industri jamu beserta produk-produk turunannya yang berasal dari limbah, karena dapat menjadi solusi masalah lingkungan.

Salah satu karyawan pabrik, Murtiningsih, 36, mengungkapkan jika ia mengaku senang dengan kedatangan Ganjar Pranowo. “Tadi juga minta foto bareng,” ujar warga Gedhanganak tersebut. (ewb/bas)