20 Bank Wakaf Mikro Resmi Berizin

710

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pengembangan pembiayaan UMKM dan ultra mikro melalui pembentukan Bank Wakaf Mikro atau Lembaga Keuangan Mikro Syariah di berbagai daerah.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengungkapkan, pihaknya telah memberikan izin usaha kepada 20 Bank Wakaf Mikro di lingkungan Pondok Pesantren yang tersebar di Cirebon, Bandung, Ciamis, Serang, Lebak, Purwokerto, Cilacap, Kudus, Klaten, Jogjakarta, Surabaya, Jombang dan Kediri.

“Dengan pengembangan Bank Wakaf Mikro di lingkungan pesantren ini diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi syariah yang berkesinambungan dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta mampu mengurangi ketimpangan dan kemiskinan,” ujarnya, kemarin.

Keberadaan Bank Wakaf Mikro ini, lanjutnya, juga merupakan komitmen besar OJK bersama pemerintah untuk terus memperluas penyediaan akses keuangan masyarakat, khususnya bagi masyarakat menengah dan kecil.

Bank Wakaf Mikro diharapkan bisa menyediakan akses permodalan atau pembiayaan bagi masyarakat yang belum terhubung dengan lembaga keuangan formal. “Khususnya di lingkungan pondok pesantren yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 28 ribu pondok pesantren di berbagai penjuru Tanah Air,” ujarnya.

Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah & DIJ, Bambang Kiswono menambahkan, untuk program tersebut, platform yang digunakan adalah lembaga keuangan mikro syariah (LKMS). Bank Wakaf LKMS ini menjadi sarana untuk melayani masyarakat umum yang tidak bankable. “Yaitu dengan memberikan pembiayaan tanpa agunan dengan margin setara 3 persen,” ujarnya.

Selama tahun 2017, lanjutnya, telah diinisiasi pembentukan 10 LKMS sebagai pilot project di Indonesia. Dua diantaranya berada di Jawa Tengah. Yaitu LKM Syariah Bank Wakaf Alpansa di Klaten dan LKM Syariah Amanah Berjah Nusantara di Purwokerto.

Proses tersebut berlanjut di awal tahun ini dengan pemberian izin 3 LKMS di Jawa Tengah. Yaitu LKMS Assa Berkah Sejahtera di Kabupaten Kudus, LKMS Al Manshur Barokahing Gusti di Klaten serta LKMS Bank Wakaf Mikro Al Ihya Baitul Auqof di Kabupaten Cilacap. (dna/ric)