10.000 Bibit Ditanam di Pekarangan

379
KAGUM – Bupati Batang  Wihaji saat melihat berbagai hasil inovasi yang dilakukan di kebun percobaan BPTP  Jawa Tengah Batang. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)
KAGUM – Bupati Batang  Wihaji saat melihat berbagai hasil inovasi yang dilakukan di kebun percobaan BPTP  Jawa Tengah Batang. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)KAGUM – Bupati Batang  Wihaji saat melihat berbagai hasil inovasi yang dilakukan di kebun percobaan BPTP  Jawa Tengah Batang. (Lutfi Hanafi/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.COM, BATANG – Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)  Jawa Tengah Batang dan Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Pertanian bekerja sama dalam mengatasi ketahanan pangan lokal.

Berupa pembagian lima jenis bibit sayuran sebanyak 10.000 batang, untuk mendukung optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan warga. Penyerahan bibit dilakukan di kebun percobaan BPTP  Jawa Tengah Batang, pada Jumat  (9/3).

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah Harwanto mengatakan,  pemberian 10.000 bibit kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang ini, diharapkan dapat dimanfaatkan di lingkungan perumahan sehingga memiliki kontribusi positif dalam rangka mempertahankan kebutuhan pangan dalam arti luas.

“Kami berharap, bibit sayuran ini dapat dimanfaatkan di lingkungan perumahan atau pekarangan masing-masing. Dengan memanfaatkan lahan pekarangan bermanfaat untuk menstabilisasi kebutuhan pangan,” jelasnya.

Secara simbolis bibit sayuran diserahkan kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten Batang. Selanjutnya bisa didistribusian kepada anggota PKK se-Kabupaten Batang. Bisa juga dibagikan kepada organisasi wanita di Batang, seperti Muslimat NU, Aisiyah, Bayangkari, Iwabi dan sebagainya.

Bibit yang dibagikan terdiri dari berbagai jenis sayuran,  yang masing-masing berjumlah 2.000 bibit. Yakni terong ungu, terong hijau, cabai rawit putih, bunga kol, dan seledri.

Bupati Batang Wihaji, menambahkan, hal ini merupakan bagian dari semangat untuk mempraktikan dan berinovasi sekaligus memanfaatkan pekarangan khususnya bagi PKK di Kabupaten Batang.

“Kami atas nama Pemkab Batang mengucapkan terima kasih kepada kepala BPTP Jawa Tengah, tentu ke depan banyak hal yang disinergikan lagi,” ujarnya. (han/lis)