Transaksi Capai Rp 70 M per Hari

184

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pasar modal berangsur dikenal masyarakat Kota Semarang. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah investor maupun transaksi.

Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Semarang, Fanny Rifqi El Fuad mengatakan, per Januari tahun lalu jumlah investor mencapai 48.372 orang. Kemudian meningkat cukup signifikan pada Januari tahun ini menjadi 58.182 investor.

“Transaksinya pun terbilang cukup baik. Untuk area Semarang dan sekitarnya per bulan mencapai Rp 900 miliar atau rata-rata per hari antara Rp 50 – 70 miliar. Dengan primadona pada saham di sektor perbankan, konsumsi, properti dan infrastruktur,” ujarnya, kemarin.

Peningkatan ini menurutnya tak lepas dari masifnya sosialisasi maupun edukasi pada berbagai lapisan masyarakat. Baik dengan mengadakan Sekolah Pasar Modal maupun kerjasama dengan beberapa pihak terkait.

“Kami bekerjasama dengan beberapa universitas mendirikan galeri investasi di kampus-kampus. Sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar pasar modal dan ditularkan ke masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, sepanjang tahun 2017 lalu, pihaknya menggelar setidaknya 300 kegiatan terkait sosialisasi pasar modal. Baik di kantor perwakilan, kantor OJK, maupun tempat-tempat keramaian. “Peminatnya pun beragam, mulai dari remaja hingga dewasa,” ujarnya. (dna/ric)

Silakan beri komentar.