Ratusan Siswa Belajar di DPRD Jateng

428
DIALOG : Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi saat berdialog dengan ratusan SMP 29 Semarang di Gedung Berlian, kemarin. (MIFTAH/JAWA POS RADAR SEMARANG)
DIALOG : Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi saat berdialog dengan ratusan SMP 29 Semarang di Gedung Berlian, kemarin. (MIFTAH/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Ratusan siswa SMP 29 Semarang tampak memenuhi Gedung DPRD Jateng, Kamis (8/3). Siswa Kelas VII itu sengaja datang untuk melakukan studi lapangan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Sekretaris DPRD Jateng Ign. Indra Surya langsung menyambut ratusan siswa tersebut dan mengarahkannya ke lobi lantai 4 Gedung Berlian.
Ketua DPRD Jateng Rukma Setyabudi sangat senang menerima kunjungan para siswa SMP 29 itu. Menurut dia, dengan kehadiran mereka di Gedung Berlian, para siswa bisa mengetahui secara langsung kondisi gedung dewan yang selama ini mewakili dan menyerap aspirasi masyarakat. “Kami sangat senang mendapat kunjungan dari adik-adik. Ini bisa menjadi pembelajaran bagi mereka,” kata Rukma saat berdialog langsung dengan para siswa.

Pada kesempatan itu, ia juga memberikan kenang-kenangan bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan seputar DPRD. Para siswa pun sangat antusias untuk menjawab pertanyaan. “Dalam pemerintahan itu, ada eksekutif dan legislatif. Keduanya harus sejalan dengan baik untuk mengatur pemerintahan. Di eksekutif dipimpin gubernur dan legislatif oleh Ketua DPRD. Sekarang, saya mau nanya, apa tugas pokok dan fungsi DPRD itu. Ayo, siapa yang tahu?,” kata Politikus PDI Perjuangan itu.

Salah satu siswa, Bintang Denisa, mengatakan DPRD bertugas untuk menyuarakan suara rakyat. Untuk fungsi dewan, ada 3 yakni legislasi, anggaran, dan monitoring. Tidak hanya satu pertanyaan, Rukma kembali mengajukan pertanyaan. Kali ini mengenai sikap warga negara yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita itu harus bersatu demi kebesaran bangsa dengan berpedoman pada Pancasila. Sekarang saya nanya, apa arti dari Diversity in Unity, ayo siapa yang tahu,” katanya dihadapan ratusan siswa.

Bayu Setyo Nugroho, siswa Kelas VII SMP 29, menjawab bahwa Diversity in Unity itu berarti Perbedaan dalam Persatuan. Menurut dia kata-kata itu tercantum dalam semboyan Pancasila yakni Bhinneka Tunggal Ika. “Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tetapi tetap satu,” tegas Bayu, saat menjawab pertanyaan.

Sementara, Sekwan Jateng Ign. Indra Surya ikut memberikan pertanyaan kepada siswa. Pertanyaannya soal masa pencoblosan Pilgub Jateng 2018. Dari pertanyaan itu, ada 2 siswa yang salah menyebutkannya. “Pilgub Jateng itu pada 27 Juni 2018. Adik-adik harus mengetahui semua informasi dari pemerintah agar selalu memahami perkembangan di Indonesia,” pesannya.

Ketua Rombongan SMP 29 Semarang, Gregorius Suyanto mengatakan pihaknya sengaja berkunjung ke Gedung Berlian agar para siswa dapat mengetahui secara langsung soal sosok Ketua DPRD dan Sekwan Jateng. Studi lapangan itu dimaksudkan untuk lebih memahami pelajaran PKn, khususnya mengenai DPRD. “Kami juga berharap anak-anak kami ke depannya bisa duduk di DPRD Jateng,” kata Suyanto. (adv/fth/ric)

Silakan beri komentar.