Fasilitasi Masyarakat Kelola Sampah

265
MENGUNTUNGKAN : Warga menimbang sampah yang telah dikumpulkan untuk dijual ke bank sampah di Kelurahan Kalipancur. (NURUL PRATIDINA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
MENGUNTUNGKAN : Warga menimbang sampah yang telah dikumpulkan untuk dijual ke bank sampah di Kelurahan Kalipancur. (NURUL PRATIDINA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mendukung pengembangan Bank Sampah di Kelurahan Kalipancur. Hal ini sebagai salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan sampah yang kian menumpuk.

CSR Senior Manager PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Deni Puspahadi mengatakan, sampah khususnya anorganik telah menjadi permasalahan yang cukup serius. Oleh karena itu pihaknya berinisiatif untuk memfasilitasi pengelolaan sampah.

“Di Kelurahan Kalipancur ini, sudah ada embrio bank sampah di sejumlah RT dan RW. Karena itu, melalui pihak kelurahan serta LSM Bintari, kami memfasilitasi pengembangan bank sampah. Mulai dari pendanaan untuk edukasi hingga pengembangan gudang,” ujarnya, kemarin.

Lurah Kalipancur, Indriastuti menambahkan, awal mengenalkan sistem bank sampah memang tidak mudah. Namun, edukasi terus dilakukan, khususnya terkait manfaat dari pengelolaan sampah yang tepat.

“Sampah-sampah warga ini dikumpulkan, kemudian dimasukkan ke bank sampah di kelurahan. Masing-masing jenis sampah dihargai berdasarkan kategori. Hingga saat ini sudah ada 33 nasabah baik yang perorangan maupun kolektif,” ujarnya.

Salah seorang nasabah, Dyahsari menyambut baik program tersebut. Menurutnya, program ini cukup efisien dalam meningkatkan kebersihan maupun kesehatan di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. “Tak berhenti di lingkungan tempat tinggal, tapi sebagai guru kami juga sosialisasikan program ini ke kelas-kelas,” ujar warga RT 12 RW 3 Kelurahan Kalipancur tersebut. (dna/ric)

Silakan beri komentar.