Pemkot Akan Luncurkan Pelaporan Satu Nomor       

351
LAYANAN CEPAT : Kepala Diskominfo Kota Semarang Nana Storada saat pemaparan pelaporan satu nomor, di gedung Balai Kota Semarang, Rabu (7/3). (Ist)
LAYANAN CEPAT : Kepala Diskominfo Kota Semarang Nana Storada saat pemaparan pelaporan satu nomor, di gedung Balai Kota Semarang, Rabu (7/3). (Ist)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Stastitik dan Persandian (Diskominfo) akan meluncurkan program pelaporan satu nomor telepon gratis, yakni di nomor 112. Nomor ini terintegrasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses.

”Saat ini, masing-masing kantor pelayanan di pemerintah kota memiliki nomor telepon yang berbeda, sehingga ada banyak nomor,” tutur Kepala Diskominfo Kota Semarang Nana Storada di Balai Kota Semarang, Rabu (7/3).

Nana menjelaskan, infrastruktur penunjang sistem serta Sumber Daya Manusia (SDM) sudah disiapkan. Hanya saja, pemkot masih menunggu perizinan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI, terkait penggunaan nomor 112. Sebab, Kota Semarang bukan merupakan kota percontohan dalam program nasional (pengaduan satu nomor telepon) yang akan diterapkan di berbagai daerah ini.

”Kita sudah minta tahun kemarin, tapi tidak di acc, makanya kami berupaya sendiri dan kini semuanya sudah siap,” imbuhnya.

Nana menjelaskan, saat ini kecenderungan masyarakat menggunakan fasilitas sistem pelaporan online di Lapor Hendi mulai meningkat seiring gencarnya sosialisasi yang dilakukan. Rata-rata, dalam sehari terdapat 30 an pengaduan dari warga. Dari pengaduan tersebut, ia menjelaskan, ada lima OPD yang menempati 5 urutan teratas yang mendapat keluhan. Kelimanya yakni Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perdagangan, Satpol PP dan Dispendukcapil.  ”Tapi ukuran paling banyak dikeluhkan bukan berarti buruk,” tegasnya. (sga/zal)