RADARSEMARANG.COM, SEMARANG–Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jawa Tengah melalui pintu masuk Bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani pada Januari lalu mencapai 1.702 kunjungan. Jumlah tersebut menurun 44,56 persen dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 3.070 kunjungan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Margo Yuwono mengatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang menyebabkan naik turunnya wisatawan. Di antaranya musim liburan serta sejumlah event yang digelar. “Desember lalu, kunjungan cukup tinggi. Salah satunya, disebabkan libur panjang Natal dan Tahun Baru,” ujarnya, kemarin.

Kemudian trennya kembali menurun atau low season saat memasuki awal tahun. Selain itu, penurunan juga bisa jadi disebabkan oleh faktor cuaca. “Musim hujan bisa jadi mengurangi daya tarik untuk bepergian,” ujarnya.

Sedangkan untuk asal negara, terbanyak merupakan wisman yang berasal warga negara kebangsaan Malaysia yaitu 569 kunjungan, disusul Singapura 305 kunjungan dan India sebanyak 78 kunjungan.

Penurunan kunjungan juga cukup berdampak pada tingkat penghunian kamar (TPK). Pada bulan Januari, TPK hotel berbintang di Jawa Tengah tercatat sebesar 44,85 persen, mengalami penurunan sebesar 11,88 poin dibanding TPK bulan Desember yang tercatat sebesar 56,73 persen. Namun bila dibandingkan dengan Januari tahun lalu, TPK mengalami kenaikan sebesar 2,7 poin. “TPK Januari lalu tertinggi pada hotel bintang 4. Yaitu sebesar 49,43 persen dan terendah hotel bintang 1 sebesar 32,61 persen,” ujarnya. (dna/ida)