Asuransi Mikro Astra Life Tumbuh Signifikan

369
TERUS TUMBUH: Tahun 2018 ini, produk asuransi mikro Astra Life akan dilayani di setiap cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia. (ISTIMEWA)
TERUS TUMBUH: Tahun 2018 ini, produk asuransi mikro Astra Life akan dilayani di setiap cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Setelah bekerjasama selama hampir tiga tahun, PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) dan PT Federal International Finance (FIFGROUP) telah melahirkan dan memasarkan tiga produk asuransi mikro yang terus bertumbuh dan berhasil meningkat penjualannya secara signifikan. Tercatat, pertumbuhan setiap tahun rata-rata sebesar 327 persen (2015 – 2017). Hal ini dikarenakan adanya pertambahan titik penjualan setiap tahunnya.

Presiden Direktur Astra Life Auddie A Wiranata mengatakan, Astra Life mulai memasuki industri asuransi mikro di Indonesia sejak tahun pertama berdirinya, berangkat dari visi perusahaan untuk hadir di setiap rumah masyarakat Indonesia, dan misinya untuk membawa ketenangan pikiran serta membangun masa depan yang sejahtera ke jutaan masyarakat Indonesia.

Dikatakan, produk asuransi mikro hasil kerjasama Astra Life dan FIFGROUP ini dinamakan Sinatra (Siap Dengan Perlindungan Astra Life), dengan tiga produk, yakni Sinatra PerisaiKu, Sinatra ProteksiKu, dan Sinatra SehatKu.

Tercatat, hingga 2017 lalu, sebanyak 200 cabang FIFGROUP atau 95 persen dari seluruh cabang FIFGROUP telah melayani ketiga asuransi tersebut, dengan pendapatan premi meningkat 54 persen dari 2016 atau sebanyak lebih dari 86 ribu polis. “Penjualan tertinggi selama 2017 pernah mendekati angka 13 ribu polis dalam satu bulan,” bebernya.

Sedangkan memasuki 2018, Astra Life dan FIFGROUP memiliki mimpi yang sama untuk membesarkan penjualan ketiga produk asuransi mikro Sinatra dengan menjalankan strategi penambahan titik penjualan hingga 100 persen cabang FIFGROUP di seluruh Indonesia, serta dengan penambahan tenaga penjual di setiap titik penjualan.

Presiden Direktur FIFGROUP, Margono Tanuwidjaya, mengaku senang dengan partnership ini, karena asuransi mikro dari Astra Life bisa melengkapi  produk-produk FIFGROUP menjadi lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen untuk mendapatkan perlindungan dari risiko yang dihadapi sehari-hari.

Sejak diluncurkan pada akhir 2015 hingga penghujung 2017 lalu, ketiga produk Sinatra ProteksiKu, Sinatra PerisaiKu dan Sinatra SehatKu telah dipasarkan di FIFGROUP sebanyak 147 ribu polis dengan pendapatan premi mencapai  Rp 7,4 miliar. “Meningkatnya pertumbuhan asuransi mikro Astra Life ini juga seiring dengan pertumbuhan segmen asuransi mikro nasional yang sedang bergairah. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, realisasi premi produk asuransi mikro sepanjang 2017 sebesar Rp 1,43 triliun, tumbuh 34,9 persen dibandingkan dengan periode sama 2016 sebesar Rp 1,06 triliun,” bebernya. (*/aro)